Yota Balad Irup Upacara Hardiknas 2024 di Balaikota Pariaman, Sampaikan Pesan Mendikbudristek

Yota Balad Irup Upacara Hardiknas 2024 di Balaikota Pariaman, Sampaikan Pesan Mendikbudristek

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di halaman Balaikota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yang berlangsung pada Kamis, 2 Mei 2024.

Pada kesempatan tersebut, Yota Balad membacakan pidato yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadim Anwar Makarim.

Bacaan Lainnya

“Pada hari ini, pada tanggal 2 Mei 2024, kita kembali memperingati Hari Pendidikan Nasional. Yang mana hari ini menjadi pengingat bagi kita akan perjuangan para pahlawan pendidikan untuk mencerdaskan bangsa menjadi Negara yang Bermartabat. Sejak masa kemerdekaan, pendidikan telah menjadi pilar utama dalam proses memajukan bangsa,” ujarnya.

“Semoga semangat yang ada pada bapak dan ibu guru dalam memajukan pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda dalam terus meningkat. Sehingga menciptakan generasi yang cekatan, mandiri, dan berdaya saing yang dapat memajukan bangsa Indonesia yang besar ini,” tambahnya.

Dalam pidato yang disampaikan oleh Mendisbudristek tersebut menyatakan bahwasanya lima tahun terakhir ini merupakan waktu yang sangat berkesan.

Menjadi pemimpin dalam gerakan Merdeka Belajar telah menyadarkan dirinya mengenai tantangan serta kesempatan yang dimiliki dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

“Pada gerakan Merdeka Belajar, kita tengah membangun wajah baru dari pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Kita telah mendengar kembali suara anak Indonesia yang berani bermimpi. Bahkan guru-guru telah berani untuk mencoba hal yang baru karena kepercayaan yang diberikan kepadanya dalam mengenal dan menilai murid-muridnya,” tambahnya.

Lima tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalani tugas dalam memimpin gerakan Merdeka Belajar.

Namun juga lima tahun bukanlah waktu yang lama dalam membuat perubahan secara menyeluruh. Menurutnya, semua telah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugasnya masih belum selesai.

“Semua yang telah kita jalankan mesti diteruskan menjadi gerakan yang berkelanjutan. Semuanya telah diupayakan dan harus dilanjutkan sebagai perjalanan menuju sekolah yang di cita-citakan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari lanjutkan sikap bergotong-royong untuk menyemarakkan serta melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kaban, Kakan, dan Kabag.

Kemudian, Camat serta jajaran Pemko Pariaman, para Kepala Sekolah, para guru, dan tenaga kependidikan se-Kota Pariaman juga turut hadir.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait