Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Wako Pariaman dalam Implementasi Program Prioritas Nasional

Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Wako Pariaman dalam Implementasi Program Prioritas Nasional

TOPSUMBAR – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, atas kinerjanya dalam Evaluasi Triwulan II di Gedung Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jakarta Pusat, pada Senin 29 April 2024.

Kemendagri mengapresiasi langkah-langkah strategis yang diambil oleh Roberia terkait lima program prioritas nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, serta pencapaian indikator kinerja yang telah diraih untuk kemajuan Kota Pariaman.

“Kami di Pemerintah Kota Pariaman telah menerapkan berbagai kebijakan untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Hal ini terkait dengan lima program prioritas nasional, yakni Inflasi, Stunting, Kemiskinan Ekstrim, Pengangguran Terbuka, serta Penyerapan Anggaran,” ungkap Roberia.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Roberia yang juga menjabat sebagai Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan I, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, juga telah merumuskan kebijakan-kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah yang dipimpinnya.

Beberapa kebijakan yang telah dilaksanakan olehnya yakni, peningkatan gaji/honor bagi tenaga non-ASN, upaya untuk mengangkat seluruh tenaga Non-ASN menjadi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Serta pembentukan Komite Dewan Ekonomi Syariah (KDEKS) sebagai yang pertama di Indonesia di tingkat Kota.

“Dengan kebijakan yang telah kami terapkan sejak menjabat, kami berharap peningkatan gaji bagi para tenaga honorer Non-ASN di Pemko Pariaman dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga mereka. Pembentukan KDEKS tingkat Kota yang pertama di Indonesia diharapkan dapat menjadikan Kota Pariaman sebagai contoh bagi daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, tingkat kemiskinan ekstrem di Pariaman kini telah mencapai 0 persen,” tambahnya.

Sementara itu, Tim Evaluator dari Inspektorat Jenderal Kemendagri memberikan apresiasi terhadap paparan Roberia terkait lima program prioritas Pemerintah Pusat yang telah dijalankannya.

Selain itu, Tim Evaluato juga turut memberikan beberapa masukan untuk evaluasi berikutnya.

Tim Evaluator menyambut baik langkah-langkah yang telah diambil oleh Roberia. Mereka memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Roberia serta menyampaikan harapannya untuk bertemu kembali pada evaluasi tahap ke III.

Ia berharap agar penyerapan anggaran hingga akhir Juni dapat mencapai minimal 50 persen.

Pada kesempatan tersebut, Tim Evaluator terdiri dari Teguh Narutomo (Inspektur Khusus Itjen), Ahmad Husin Tambunan (Sekretaris Itjen).

Brigjen Pol Rustam Mansur (Inspektur I Itjen), Ichsan (Inspektur II), dan Yohanes Raheradi Widiasto, bersama dengan beberapa Tim Evaluator lainnya dari Itjen Kemendagri.

Sedangkan Delegasi dari Pemerintah Kota Pariaman yang turut hadir yakni, Ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi, Asisten I, Yaminu Rizal.

Kepala Bappeda, Hendri, Kepala BPKPD, Buyung Lapau, serta beberapa pejabat lainnya dari Pemerintah Kota Pariaman.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait