Dzafran Gunawan dan Durian Solok Ambah, Dibalik Suksesnya Kunjungan Muhadjir Effendy

Dzafran Gunawan dan Durian Solok Ambah, Dibalik Suksesnya Kunjungan Muhadjir Effendy

TOPSUMBAR – Setelah menghadiri acara Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional (HKBN) 2024 di Padang, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP bertolak ke Kabupaten Sijunjung pada Jumat, 26 April 2024.

Muhadjir adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, ia juga merupakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027.

Selama kepemimpinan Benny Dwifa Yuswir bersama Iraddatillah sebagai bupati dan wakil bupati, sudah empat orang menteri/wakil menteri yang datang ke “Ranah Lansek Manih”.

Bacaan Lainnya

Menteri-menteri tersebut adalah, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Wamentan Harvick Hasnul Qolbi serta Menko PMK Muhadjir Effendy.

Sandiaga Uno bahkan telah tiga kali hadir di Sijunjung dan kunjungan pertamanya didampingi Anggota DPR Andre Rosiade.

“Dalam waktu empat hari, kita berkordinasi dan Alhamdulillah Pak Muhadjir bisa hadir bersama kita,” demikian disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat (PWM Sumbar) Bakhtiar dalam sambutannya.

Dibalik suksesnya kunjungan Muhadjir Effendy, ternyata ada peranan anak kecil dan hal-hal kecil tetapi berdampak besar dalam sebuah even yang jarang diketahui publik.

Peranan dimaksud yaitu Dzafran Gunawan, selaku ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bersama rekannya beliau menyiapkan acara dengan baik.

Selama empat hari berturut-turut, mulai rapat persiapan hingga kebersihan dan administrasi, termasuk memindahkan kendaraan yang berpotensi mengganggu kelancaran mobil Menko PMK dilakoninya dengan apik.

Dzafran Gunawan lahir di Silungkang pada 19 Juli 2007 dan saat ini menjadi siswa SMAN 1 Sijunjung. Semasa di SMP IT Kautsar Ilmi Muaro Sijunjung, Dzafran juga pernah menjadi ketua OSIS. Bahkan saat mengenyam bangku SMA, ia juga ditunjuk menjadi Ketua OSIS SMAN 1 Sijunjung pada tahun 2023 lalu.

Sebelumnya, pada tahun 2022 Dzafran juga mengikuti Parlemen Remaja DPR-RI. Selain menjadi ketua IPM Sijunjung, Dzafran juga tercatat sebagai ketua Departemen Assessment LFP PW IPM Sumbar.

Saat ini, Dzafran yang terkenal cepat kaki ringan tangan tersebut juga mengemban amanah sebagai sekretaris Lembaga Resiliansi Bencana Muhammadiyah Dissaster Management Center (LRB-MDMC) Sijunjung periode 2022-2027.

Hal lainnya yang tak diketahui banyak orang adalah Durian Solok Ambah. Hidangan durian yang disuguhkan kepada Muhadjir Effendy dan rombongan ternyata berasal dari Nagari Solok Ambah, Kecamatan Sijunjung.

“Duriannya enak, apalagi makan dicampur ketan jadi semakin enak,” demikian komentar Asisten Deputi Moderasi Beragama Kemenko PMK Thomas Siregar.

Koordinator BPP Kecamatan Sijunjung Jabir saat dimintai keterangan mengenai karakteristik Durian Solok Ambah mengatakan, “legit, pulen dan creamy”.

Dzafran Gunawan dan Durian Solok Ambah adalah kolaborasi cerdas yang berujung suksesnya 243 menit kunjungan Muhadjir Effendy di Kabupaten Sijunjung.

“Meskipun pertama kali ke Sijunjung, mudah-mudahan dilain waktu Bapak datang lagi,” ujar Bupati Sijunjung Benny memberikan sambutan saat Silaturrahim Syawal Muhammadiyah Sumbar di Gedung Pancasila.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait