Evaluasi Kinerja Panwascam oleh Bawaslu Pariaman Sambut Pilkada 2024

Evaluasi Kinerja Panwascam oleh Bawaslu Pariaman Sambut Pilkada 2024

TOPSUMBAR – Bawaslu Pariaman mengadakan rapat koordinasi untuk mengawasi tahapan penetapan hasil pemilihan umum 2024.

Rapat tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2024 di RM Sambalado Kota Pariaman.

Dalam rapat tersebut, Bawaslu Kota Pariaman sedang melakukan evaluasi mendalam dan melakukan wawancara khusus terhadap 12 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan dipersiapkan untuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan, saat dimintai keterangan pada Sabtu, 27 April 2024, membenarkan bahwa telah dilakukan pemanggilan terhadap Panwascam untuk dievaluasi.

Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kinerja anggota Panwascam dan memastikan apakah mereka layak untuk dipertahankan sebagai penyelenggara tingkat kecamatan yang telah mengabdi pada Pemilu 2024.

“Evaluasi yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Pariaman terhadap Panwascam tidak memberikan jaminan kepada Panwascam incumben untuk lulus begitu saja. Karena, ada beberapa poin penting serta masukan dari masyarakat yang akan menjadi pertimbangan nantinya,” tegas Riswan.

Evaluasi ini sesuai dengan keputusan Ketua Bawaslu RI nomor: 4224.1./HK.01.01./K/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam Kecamatan untuk Pemilihan tahun 2024.

Riswan menjelaskan bahwa pendaftaran untuk para incumbent Panwascam dimulai pada tanggal 23 April hingga 2 Mei 2024 mendatang.

Sementara itu, jika ada yang tidak memenuhi syarat, akan dibuka pendaftaran baru pada tanggal 3-31 Mei 2024.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait