Pj Wako Payakumbuh Hadiri Musrenbangnas, Komitmen Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Anggaran yang Transparan

Pj Wako Payakumbuh Hadiri Musrenbangnas, Komitmen Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Anggaran yang Transparan

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Jasman menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada Senin 6 Mei 2024.

Musrenbangnas yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas, mengusung tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menyoroti situasi ekonomi global yang terus berada dalam tekanan akibat pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pertumbuhan ekonomi global diprediksi hanya mencapai 3,2 persen, dampak dari resesi yang dialami beberapa negara pada tahun 2020.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya pengelolaan anggaran yang cermat.

“Jangan sampai ada uang serupiah pun yang meleset dari rencana, sudah tidak boleh! Dan betul-betul memperhatikan skala prioritas.”

Ia juga menyampaikan kekhawatiran atas ketidakpastian ekonomi, terutama terkait dengan fluktuasi harga minyak dan kenaikan bunga pinjaman.

“Semua pada takut masalah itu, karena begitu bunga pinjaman naik sedikit saja, beban fiskal itu akan sangat besar,” ungkap Presiden.

Menanggapi arahan Presiden, Pj Wako Payakumbuh, Jasman menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Payakumbuh tetap positif meski di tengah ancaman resesi.
Pertumbuhan ekonomi kota ini mencapai 4,7 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat sebesar 4,37 persen pada triwulan I tahun 2024.

“Namun ini masih di bawah pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,05 persen. Kondisi ini akan menjadi penyemangat kita dalam melakukan pemulihan ekonomi pada tahun-tahun berikutnya,” kata Jasman.

Jasman juga menyambut baik pesan Presiden terkait pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.
“Seperti yang dikatakan Bapak Presiden, harus sinkron. Oleh karena itu, kita akan melakukannya demi kepentingan masyarakat kita di Payakumbuh,” katanya.

Ia menekankan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan menyeluruh dalam merealisasikan anggaran, dengan tujuan agar tidak ada uang negara yang disalahgunakan.

“Intinya, kita semua sangat sepakat jangan ada satu rupiah pun uang meleset selain untuk kepentingan rakyat. Anggaran tersebut akan dikelola dengan baik sesuai arahan Bapak Presiden,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait