13 Nama Hadir sebagai Balon Bupati Pasaman Barat, Ini Kata Tokoh Masyarakat, Ki Jal Atri Tanjung

Ki Jal Atri Tanjung (Tokoh Masyarakat Pasbar dan Advokat)

TOPSUMBAR – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan digelar pada bulan November 2024 mendatang, namun sudah ada beberapa nama yang muncul sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati dan wakil bupati.

Nama-nama yang muncul tersebut di antaranya :

  1. H. Hamsuardi. S. Ag (petahana/bupati sekarang)
  2. H. Risnawanto. SE (petahana/wakil bupati sekarang)
  3. Tuanku Jailani Alaidinsyah, SM,M.Ak Daulat Yang Dipertuan Parit Batu (Pucuk Adat Pasaman)
  4. H. Daliyus. K. S. Si. MM (anggota DPRD Pasbar)
  5. M. Ihpan (anggota DPRD Provinsi Sumbar)
  6. Drs. Ayat Rahadian (pensiunan guru)
  7. H. Agus Susanto. SH. MH (mantan anggota DPR RI)
  8. Ustad Samidas (ulama)
  9. Asrial. SH (tokoh masyarakat)
  10. Decky H Saputra. SH (mantan kepala dinas)
  11. Syamsul Bahri (anggota DPRD Provinsi Sumbar)
  12. Mustika Yana yang dipertuan kinali (pucuk adat dan pengusaha)
  13. H. Erick Hariyona. BBA (Tokoh Muda Sumbar dan Pengusaha)

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga seorang Advokad, Ki Jal Atri Tanjung mengatakan, terkait dengan nama-nama tersebut semuanya masih sangat dinamis dan masih bisa berubah.

Bacaan Lainnya

“Semua nama tersebut masih dinamis, karena semua orang masih menunggu landasan dasar, yaitu kursi legislatif sebagai syarat pencalonan nantinya,” katanya, Minggu (5/5/2024).

Menurutnya, kemunculan nama-nama tersebut merupakan hal yang wajar karena semuanya memiliki popularitas dan pengaruh. Sehingga nama-nama tersebut akan sangat diperhitungkan.

“Tetapi saya kira memang nama-nama tersebut wajar, karena melihat dari elektabilitas dan popularitas yang saat ini sudah ada,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa Pilkada dan Pileg ini berbeda. Kalau Pilkada ini mesin partai dan personal, terutama mesin personal itu dominan bergerak. Walaupun ujungnya mohon maaf banyak dugaan money politic yang dilakukan.

Ki Jal Atri Tanjung lebih menjelaskan bahwa, pada dasarnya, semua nama yang sudah muncul di permukaan adalah putra-putra terbaik Pasaman Barat yang diharapkan dapat berkompetisi secara kualitatif, jangan saling tuding menuding terhadap kelemahan atau kekurangan masing-masing.

“Suguhkan Pilkada yang terbaik di Pasaman Barat, sehingga diharapkan terpilih pasangan yang terbaik untuk membangun masa depan Pasaman Barat yang lebih baik,” harapnya.

Pasaman Barat memiliki potensi SDA yang sangat potensial yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Pasaman Barat, bukan untuk kepentingan orang asing dan SDM yang berkualitas yang harus disatukan untuk kemajuan Pasaman Barat.

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati di Pasaman Barat, disamping memahami dan menguasai Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan benar, maka dibutuhkan tokoh atau figur yang memiliki Kepemimpinan yang baik (Kepala Daerah yang Pemimpin) yang juga bisa merajut simpul-simpul harmonis dalam keberagaman dan mampu membangun kerjasama yang baik untuk keberhasilan dalam suasana kebersamaan serta memberikan tauladan dalam sikap bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Jangan sampai Pasaman Barat dipimipin oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi, keluarga, kelompok, tanpa moral karakter dan karakter kinerja, sehingga tidak membawa perubahan dan kemajuan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait