Perdana, Disparpora dan LKAAM Payakumbuh Gelar Iven Budaya “1 Event 1 Nagari”

Perdana, Disparpora dan LKAAM Payakumbuh Gelar Iven Budaya 1 Event 1 Nagari

TOPSUMBAR – Prosesi Mancari Laki (Mencari Suami) di Kanagarian Payobasuang menjadi kegiatan perdana dalam program “1 Event 1 Nagari” di Kota Payakumbuh.

Inisiatif yang digagas oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh bersama Lembaga Kesatuan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Payakumbuh, bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau bagi generasi mendatang.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali kelestarian adat di 10 nagari yang ada di Payakumbuh,” kata Ketua LKAAM Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, dalam pembukaan acara “1 Event 1 Nagari” di Kelurahan Payobasung, Minggu 5 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Yendri Bodra Dt. Parmato Alam yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh menjelaskan bahwa program “1 Event 1 Nagari” menjadi momen penting dalam upaya melestarikan adat bagi generasi muda.

Hal ini diharapkan akan menjadi bagian penting dari identitas mereka dan membantu mereka mempertahankan budaya lokal dalam menghadapi pengaruh budaya luar.

“Ini adalah warisan budaya yang hendak kami berikan kepada generasi penerus kita. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Kami khawatir budaya kita akan tergerus oleh budaya luar. Oleh karena itu, kami terus mendorong pelestarian adat dan budaya Minangkabau untuk diwariskan kepada anak cucu kita,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa melalui program ini, pihaknya berharap dapat merangsang kepedulian bersama, baik dari masyarakat lokal maupun dari perantauan, dalam melestarikan kebudayaan nagari.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi generasi muda nagari untuk menampilkan keterampilan mereka serta bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan dan menjual produk-produk lokal mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan semakin baik di masa mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Dinas Parpora, Nofriwandi Eka, menjelaskan bahwa program “1 Event 1 Nagari” bertujuan untuk menggali dan melestarikan kembali kearifan lokal yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

“Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong seluruh elemen masyarakat dalam melestarikan berbagai adat, budaya, dan kuliner khas nagari, agar dapat disampaikan kepada masyarakat pengunjung serta diwariskan kepada anak cucu kita,” katanya.

“Kekayaan lokal seperti ini yang ingin kita tampilkan, di mana diharapkan pelaksanaan acara ini turut mendorong aktifitas sanggar-sanggar seni, klub olahraga, pelaku UMKM, dan peningkatan kunjungan wisatawan, sehingga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” tambahnya.

Ketua KAN Payobasung, Sumardi Dt. Mongguang Pirawan, juga turut mengungkapkan bahwa Prosesi Mancari Laki di Kanagarian Payobasung merupakan kegiatan yang sangat sakral.

“Kami menjadi nagari pertama yang melaksanakan kegiatan ini. Selain itu, juga akan ada pelatihan adat. Kami sangat mengapresiasi acara ini, sehingga adat Minangkabau akan terus dilestarikan,” ucapnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Payakumbuh Timur, lurah, KAN, Bundo Kanduang 10 Nagari, serta tamu undangan lainnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait