Pemko Pariaman Gandeng Lantamal II Padang untuk Evakuasi Eks KRI Teluk Bone 511

Pemko Pariaman Gandeng Lantamal II Padang untuk Evakuasi Eks KRI Teluk Bone 511

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman gandeng Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang (Lantamal II Padang) dalam proses evakuasi bekas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bone 511.

Kapal tersebut, sebelumnya dikenal sebagai USS Iredell County (LST-839) Angkatan Laut Amerika Serikat.

Kapal tersebut dibangun oleh American Bridge Company di Ambridge, Pennsylvania, AS, pada tanggal 25 September 1944.

Bacaan Lainnya

Kemudian secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Kota Pariaman oleh Kementerian Pertahanan Indonesia pada tahun 2023 lalu.

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Syufenri didampingi Ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi mengunjungi lokasi Eks KRI di Talao Pauh, Kecamatam Pariaman Tengah pada Jumat, 3 Mei 2024.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wako Pariaman Roberia menyampaikan sambutannya serta mengungkapkan rasa bahagianya atas kerja sama Pemko dengan Lantamal Padang.

“Luar biasa, ketika tugas dipercayakan kepada ahlinya, maka hasilnya akan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini adalah Danlantamal II Padang yang dengan kerendahan hati dan semangat NKRI telah membantu kami menyelamatkan kapal KRI Teluk Bone 511 ini,” ujar Roberia.

Pada kesempatan tersebut, Roberia berharap Eks KRI Teluk Bone 511 tersebut dapat menjadi satu-satunya museum angkatan laut di Indonesia.

Dengan panjang hingga 100 meter, sisa-sisa kapal perang yang beristirahat di tepi pantai tersebut akan di ubah menjadi objek wisata maritim di Kota Pariaman.

“Meskipun anggaran untuk pembangunan kapal belum dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota, namun apa yang tersedia akan dialokasikan untuk pembangunan kanal. Kapal ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat berlabuh kapal ini. Oleh karena itu, dengan dana yang tersedia, kami memanfaatkan secara maksimal,” jelas Roberia.

Selain itu, ia menekankan bahwa pengelolaan dana ini mengikuti model swakelola daripada sistem kontrak.

Oleh karena itu, Pemko akan berusaha bersama-sama dengan semua pemangku kepentingan dan Pemerintah Kota Pariaman untuk mendukung tugas Lantamal II Padang.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI, Syufenri menegaskan komitmen mereka untuk bekerja sama dengan semua unit di Lantamal II Padang untuk berhasil mengevakuasi bekas KRI Teluk Bone 511, yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi misi TNI Angkatan Laut Indonesia.

“Dengan sejarah gemilang kapal perang buatan Amerika ini, kami bertekad untuk memastikan evakuasinya ke lokasi yang telah ditentukan saat ini. Hal ini akan memberikan posisi permanen dan stabil bagi kapal, memungkinkan pemanfaatannya yang optimal di masa depan,” tegasnya.

Didampingi oleh seluruh tim Lantamal II Padang, Danlantamal II Padang menyampaikan harapannya agar kerjasama berkelanjutan antara Pemko Pariaman dan lembaga yang terkait dapat terus terjalin.

Mereka berharap tujuan dari kehadiran kapal ini dapat terwujud sebagai destinasi wisata baru di kota yang terkenal dengan festival budayanya, Tabuik.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait