Audy Joinaldy Paparkan Komitmen Pemprov untuk Keberlanjutan Pembangunan di Sumbar

Audy Joinaldy Paparkan Komitmen Pemprov untuk Keberlanjutan Pembangunan di Sumbar

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) untuk percepatan pembangunan daerah kepada para perantau asal Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Riau.

Pada tahun 2024 ini, Sumbar berhasil mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 478,6 miliar untuk peningkatan kualitas infrastruktur jalan melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD) dari Pemerintah Pusat.

Kemudian, sebagian dari dana tersebut dialokasikan untuk perbaikan jalan daerah di Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

“Walaupun begitu, saat ini masih ada beberapa ruas jalan provinsi yang kondisinya masih rusak. Namun, hal ini akan diperbaiki secara bertahap,” ujar Wagub Audy Joinaldy.

Dalam kegiatan halal bi halal yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Provinsi Riau di Kota Pekan Baru, Sabtu malam 4 Mei 2024, Wagub Audy menyampaikan bahwa Pemprov Sumbar telah mengalokasikan APBD sebesar Rp. 101 miliar lebih untuk membiayai 34 proyek strategis provinsi di tahun 2024.

Proyek-proyek tersebut sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur.

“Artinya, untuk pembangunan daerah, kita sangat serius,” tambahnya.

Wagub Audy juga menjelaskan bahwa meskipun ada upaya percepatan pembangunan, namun silih berganti bencana melanda Sumbar. Sejumlah infrastruktur yang awalnya bagus menjadi rusak akibat bencana tersebut.

“Irigasi rusak, jalan rusak, jembatan rusak. Tentu dana yang ada mesti dialihkan untuk itu dulu sehingga beberapa rencana menjadi tertunda,” jelasnya.

Terkait pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru, Wagub menyebutkan bahwa ruas Padang – Sicincin hampir selesai dan diperkirakan akan selesai pada bulan Juli tahun ini.

Sedangkan untuk ruas Sicincin – Bukittinggi dan Bukittinggi – Payakumbuh, pihaknya sedang menunggu Keputusan Presiden (Kepres). Ruas Payakumbuh – Pangkalan juga sudah dalam tahap pelaksanaan.

“InshaAllah, Keputusan Presiden tentang ruas Sicincin – Bukittinggi dan Bukittinggi – Payakumbuh akan segera terbit. Saat ini sudah di meja Presiden, dan Selasa besok Pak Gubernur akan bertemu dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PU untuk membahas hal tersebut,” ungkap Wagub.

Untuk memastikan keberlanjutan pembangunan di Sumbar, Wagub mengajak seluruh perantau untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan.

Ia yakin bahwa peran perantau sangat strategis untuk kesuksesan pembangunan daerah.

(adpsb/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait