Cuaca Kian Tak Menentu, Gubernur Soroti Pentingnya Penghitungan Ketersediaan Pangan di Sumbar

Cuaca Kian Tak Menentu, Gubernur Soroti Pentingnya Penghitungan Ketersediaan Pangan di Sumbar

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyoroti pentingnya kesiapsiagaan dan perhitungan yang cermat dalam memastikan ketersediaan pangan di tengah pola perubahan cuaca yang tak menentu belakangan ini.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menghadiri agenda Halal Bihalal Pasca lebaran di Kantor Dinas Pangan Provinsi Sumbar pada Jumat, 19 April 2024.

“Dulu, perkiraan turunnya hujan dapat lebih mudah di prediksi, biasanya terjadi di bulan September hingga Desember, lalu Januari. Lalu pada bulan selanjutnya d prediksi terjadinya musim panas. Namun belakangan ini pola cuaca tampak berubah. Saat ini di April, intensitas hujan masih dinilai tinggi,” ungkap Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi menekankan bahwa cuaca yang tidak menentu berdampak pada potensi kejadian bencana yang sulit diprediksi.

Hal ini menjadi semakin penting mengingat sebagian besar wilayah Sumbar adalah daerah dengan potensi kebencanaan yang cukup tinggi.

“Kejadian bencana dapat mengganggu kestabilan harga pangan serta ketersediaan produk pangan. Karena terjadinya bencana dapat menyebabkan kejadian gagal panen, tersendatnya distribusi, dan lain sebagainya. Semua itu menjadi alasan utama kita untuk memperhitungkan dengan lebih cermat terkait ketersediaan pangan serta kestabilan harganya di pasaran,” tegasnya.

Meski demikian, Mahyeldi mengapresiasi gerak cepat Dinas Pangan serta Dinas dan Lembaga terkait dalam mengatasi ketidakstabilan harga pangan.

Serta gerak cepat terkait ketidaktersediaan pangan selama momentum Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kinerja ini harus kita pertahankan dan tingkatkan. Jangan menggunakan ilmu dan kepintaran saja dalam bekerja, tapi juga dibarengi dengan keimanan serta kesadaran spiritual untuk mengatasi berbagai persoalan yang mungkin atau sedang dihadapi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri, dan Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma Syafni.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait