Sumbar Jadi Tuan Rumah Peringatan HKBN, Menko PMK dan Kepala BNPB Turut Hadir

Sumbar Jadi Tuan Rumah Peringatan HKBN, Menko PMK dan Kepala BNPB Turut Hadir

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyampaikan bahwa Sumbar secara resmi terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024.

Acara tersebut akan berlangsung pada 26 April 2024 mendatang, dan dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Selain itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dijadwalkan turut hadir pada peringatan HKBN mendatang.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah peringatan HKBN dengan dipusatkan di kota Padang.

“Alhamdulillah kita bersyukur dapat kembali dipercaya untuk mengadakan acara dengan skala Nasional yakni, Peringatan HKBN. Insyaallah kita akan memusatkan acara di Kota Padang, segala persiapan kita lakukan dengan sebaik mungkin,” ungkapnya pada Selasa, 23 April 2024.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Rudi Rinaldi menjelaskan bahwa tedapat sejumlah poin penting terkait arahan yang diberikan oleh BNPB terkait rencana peringatan HKBN mendatang.

Hingga saat ini, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran acara tersebut nantinya.

“Sejumlah poin penting telah disampaikan oleh BNPB kepada kita. Terdapat tujuh kota/kabupaten yang berada di wilayah pesisir Sumbar akan mengikuti geladi bencana gempa bumi dan tsunami. Sementara kota/kabupaten lainnya hanya mengikuti geladi gempa bumi saja. Jadi, jika ditotalkan, terdapat 30 kabupaten/kota di Indonesia yang akan mengikuti geladi ini,” jelasnya.

Rudi menambahkan, Gedung Padang Youth Centre akan dijadikan sebagai posko utama untuk melakukan pemantauan geladi yang berlangsung pada 30 titik di Indonesia.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan plakat mereplikasi early warning system (EWS) Inklusi Tsunami Safe Zone yang berlaku di wilayah Sumbar untuk diterapkan di daerah lain yang memiliki ancaman serupa.

“Nanti plakat tesebut ditandatangani langsung oleh Gubernur dan Kepala BNPB yang disaksikan oleh Menko PMK. Selain mengadakan seminar, kita juga menggelar beberapa kegiatan lain salah satunya yakni, gala diner. Berdasarkan jadwalnya, Menko PMK, Kepala BNPB, serta Sestama BNPB akan berada di Sumbar pada 25 Apil 2024 mendatang,” tutupnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait