Terapkan Sistem One Way, Sekdaprov Sumbar Pastikan Persiapan Jelang Idul Fitri 1445 H telah Matang

Terapkan Sistem One Way, Sekdaprov Sumbar Pastikan Persiapan Jelang Idul Fitri 1445 H telah Matang

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar) memastikan seluruh persiapan jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Sumbar telah dimatangkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekdaprov Sumbar, Hansastri saat menghadiri kegiatan Jumpa Pers di Kota Padang pada Kamis, 4 April 2024.

Acara tersebut diinisiasi oleh Diskominfotik Sumbar yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Dedy Diantolani, Kadiskominfotik Sumbar Siti Aisyah, serta sejumlah media cetak, online, serta elektronik.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Hansastri menyatakan bahwasanya persiapan menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H telah disiapkan sebelum bulan puasa.

Hal ini dikarenakan berdasarkan arahan Gubernur yang memperkirakan pada Tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung dari luar serta pemudik menuju Sumbar.

“Kita telah menyiapkan semua persiapan secara matang. Ini telah kita siapkan jauh hari sebelum memasuki bulan puasa. Hal ini juga seperti yang telah kita lakukan di setiap tahunnya,” ujarnya.

“Sesuai dengan arahan dari Gubernur, bahwasanya pada tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan jumlah pemudik serta pengunjung dari luar yang masuk ke Sumbar,” tambahnya.

“Gubernur juga telah melakukan pengecekan dengan OPD terkait maupun Forkopimda. Alhamdulillah hasilnya telah dipersiapkan sebagaimana mestinya hingga nanti di Hari H maupun setelah Hari Lebaran nanti,” tambahnya.

Hansastri juga menegaskan bahwa ketersediaan BBM, bahan pangan, kelancaran lalu lintas, posko pengamanan, pos pelayanan kesehatan, serta lainnya telah disiapkan.

Selain itu, menanggapi kondisi krusial akibat bencana banjir, longsor, maupun Erupsi Gunung Merapi, ia menegaskan telah melakukan koordinasi dengan BPBD, BMKG, serta pihak terkait.

“Menghadapi potensi bencana banjir, longsor, maupun erupsi gunung merapi, kita telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Kita akan melibatkan BPBD, BMKG, Angkatan Udara, serta pihak terkait lainnya, terlebih saat ini jumlah penerbangan mencapai 90 per harinya. Tentu ini akan menjadi perhatian khusus bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kadishub Sumbar Dedy Diantolani menanggapi keluhan macet yang setiap tahun menjadi permasalahan menjelang lebaran. Pihaknya akan memberlakukan skema one way.

Berdasarkan penjelasannya, ia menyatakan bahwa pada tanggal 7-9 April 2024, rute Padang-Bukittinggi via Padang Panjang, sedangkan Bukittinggi-Padang via Malalak.

Kemudian pada tanggal 11-15 April 2024, diberlakukan rute Padang-Bukittinggi via Malalak, sedangkan Bukittinggi-Padang via Padang Panjang.

Semua sistem one way tersebut berlaku dari pukul 12.00 hingga 17.00 WIB.

“Khusus pada tanggal 10 April 2024 atau di Hari Lebaran, kita tidak memberlakukan jalur One Way, tetapi petugas tetap kita siagakan di pos masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan, tahun ini berdasarkan data dari statistik, terjadi peningkatan jumlah kunjungan dan pemudik menuju Sumbar hingga 70% dari tahun lalu.

Oleh karena itu, jalur one way masih diberlakukan seperti tahun lalu. Kadishub bersama Gubernur Sumbar, Polri, dan stakeholder terkait akan melakukan uji coba sistem one way.

Uji coba tersebut akan berlangsung pada 5 April 2024 pukul 14.00 WIB dan dimulai dari Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita akan melakukan uji coba sistem one way ini pada tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB, dan akan dimulai dari Sicincin,” tambahnya.

Kadiskominfotik, Siti Aisyah menambahkan bahwasanya Dinas Kominfo telah melakukan sosialisasi jalur one way melalui berbagai media.

Informasi Real time secara digital melalui SMS gateway telah disediakan oleh Diskominfo.

“Kita telah mensosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media termasuk SMS gateway,” ujarnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan informasi mudik, pihaknya telah merilis website yang dapat di akses oleh masyarakat ke https://s.id/mudiksumbar.

Pada website tersebut menyediakan berbagai informasi terkait arus mudik, lokasi posko lebaran, fasilitas umum terdekat, prakiraan cuaca, info pariwisata.

Selain itu, Diskominfotik juga telah mengeluarkan layanan Hotline via Whatsapp di nomor 082174754150. Nomor tersebut akan aktif selama 24 jam untuk melayani masyarakat.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait