Sidak Sejumlah OPD, Gubernur Pastikan Pelayanan Publik di Pemprov Sumbar Berjalan Normal

Sidak Sejumlah OPD, Gubernur Pastikan Pelayanan Publik di Pemprov Sumbar Berjalan Normal

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasca-libur Lebaran 1445 Hijriah.

Sidak tersebut berlangsung di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Kesehatan Sumbar pada Selasa, 16 April 2024.

Selain memastikan pelayanan publik di Pemprov Sumbar kembali berjalan, Mahyeldi juga menegaskan tidak akan memberikan dispensasi kepada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan pada hari pertama bekerja setelah libur Hari Raya Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, pagi ini kita telah melakukan sidak di Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Kesehatan. Semua pegawai yang dilaporkan telah hadir 100 persen tanpa ada yang cuti. Ini perlu kita pastikan, karena kita telah berkomitmen untuk pelayanan bagi masyarakat langsung diberikan setelah libur Lebaran,” ucapnya.

Mahyeldi menegaskan pihaknya akan memberikan teguran keras kepada ASN maupun Non-ASN yang tidak hadir tanpa keterangan jelas.

Sebab, pegawai yang diperbolehkan tidak masuk hanya mereka yang memiliki alasan penting bersifat darurat, sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

“Tidak ada toleransi bagi yang tidak hadir tanpa keterangan. Kita akan berikan teguran tegas bagi yang tidak hadir di hari pertama kerja pasca libur lebaran ini. Tidak ada toleransi bagi yang tidak disiplin. Bagi yang meminta izin, harus mendapatkan persetujuan dari atasannya, dan ini harus dengan alasan yang dapat diterima,” tegasnya.

Di samping itu, Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih dan memohon maaf lahir batin kepada seluruh pegawai Pemprov Sumbar pada hari pertama kerja pasca-lebaran.

Mahyeldi telah menerima informasi dari berbagai kepala OPD terkait tingkat kehadiran pegawai di instansi masing-masing.

“Saatnya kita kembali bekerja secara maksimal agar berjalannya pelayanan bagi masyarakat Sumbar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Ahmad Zakri, mengatakan bahwa sidak yang dilakukan oleh Gubernur sangat berguna.

Hal ini untuk memastikan telah berjalannya pelayanan publik dengan maksimal sejak hari pertama bekerja pasca-lebaran.

Selain itu juga sekaligus untuk bersilaturahmi dengan para pegawai Pemprov Sumbar karena masih dalam suasana Lebaran.

“Karena masih dalam suasana Lebaran, pada kesempatan ini Gubernur juga turut melakukan silaturahmi dengan para pegawai. Adapun tingkat kehadiran pegawai di lingkup Pemprov Sumbar pasca-lebaran ini, mencapai 98 persen. Adapun dua persen lagi, itu karena beberapa pegawai kita berpulang saat Ramadhan kemarin, dan ada yang berhalangan karena sakit dirawat,” tutup Zakri.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait