Meriahkan Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN UIN IB di Koto Rajo Laksanakan Lomba Tahfidz dan Adzan

Topsumbar – Pasaman | Tahun baru Hijriyah adalah salah-satu hari besar bagi umat Islam, berbagai perlombaan pun sering diadakan untuk memeriahkannya. Di Solok Selatan, masyarakat biasanya menyambut dengan mengadakan pawai maarak bungo lamang, di beberapa daerah Pasaman, ibu-ibu akan membuat kue kemudian dibagikan kepada tetangga dan masyarakat.

Kali ini di Nagari Koto Rajo, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman, diinisiasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang yang berkolaborasi dengan pemerintah nagari, bamus, dan pemuda, melaksanakan lomba tahfidz dan adzan bagi anak-anak MDA yang ada di Jorong Muaro Mago dan Jorong Koto Baru. Selasa, (18/07).

Dalam sambutannya, kepala jorong Muaro Mago, Juprizal, menyebut pemerintah nagari dan masyarakat sangat mendukung kegiatan keagamaan yang diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol ini, karena selain menambah keberanian anak-anak untuk tampil, juga menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah langkah yang bagus untuk mendidik anak-anak MDA yang ada di nagari Rao Utara, khususnya di jorong Muaro Mago dan Koto Baru. Kita berharap dengan adanya lomba ini dapat memacu semangat anak-anak untuk menghafal Al-Qur’an dan belajar lebih giat lagi,” ujarnya.

Sementara itu, ketua KKN Nagari Koto Rajo, Micco Licardo, menyampaikan rasa terima kasih yang sangat luar biasa kepada pemerintah nagari beserta jajaran karena telah menyambut dengan sangat baik, sekaligus memberikan akses dan fasilitas yang mendukung untuk mengadakan acara dan program kerja, baik dalam bidang agama maupun di bidang lainnya.

“Perlombaan menyambut 1 Muharram ini adalah salah-satu program kerja yang terbilang cepat kami rumuskan, sebab dengan waktu yang sempit harus terkonsep dua cabang lomba yang diadakan. Alhamdulillah untuk antusias dari anak-anak MDA sangat luar biasa, ini adalah pengalaman baru sekaligus berkesan bagi kami,” katanya.

Lebih lanjut, Micco menjelaskan bahwa untuk dua cabang lomba tersebut bagi pemenang nanti akan diberikan piagam penghargaan dan doorprize yang sudah dipersiapkan. Micco berharap ke depannya dapat menjadi anak tangga bagi anak-anak MDA untuk menambah hafalannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, kepala jorong Muaro Mago, kepala jorong Koto Baru, pengurus Masjid Nurul Iman, alim ulama, kaum muda, dan 20 orang mahasiswa KKN dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

(Ris)

Pos terkait