Lima Komisioner KPU Dharmasraya Dilantik, Butuh Sinergi dan Kerjasama yang Baik Hadapi Pemilu 2024

Topsumbar — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya periode 2023-2028 telah resmi dilantik, Jumat (16/6/2023) lalu. Para komisioner tersebut langsung dilantik oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari di Gedung KPU RI, Kemayoran, Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.00 WIB.

Pelantikan lima orang komisioner KPU Dharmasraya tersebut didasarkan pada Keputusan KPU Nomor 590 Tahun 2023 tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota.

Lima komisioner KPU Dharmasraya yaitu France Putra, Hanna Citra Utami, Henny Wardany, John Indra dan Wilri Iswandi.

Bacaan Lainnya

Usai dilantik belum lama ini, sebagai Ketua KPU Dharmasraya France Putra bersama empat komisioner lainnya siap dihadapkan dengan tahapan pemilu yang tidak lama lagi.

“Tidak sedikit anggota KPU daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang baru saja terpilih langsung dihadapkan pada proses tahapan pemilu yang rumit, dimana pemilu 2024 tinggal sebentar lagi,” ucap France Putra didampingi Wilri Iswandi selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Dharmasaraya pada Topsumbar di ruang kerja nya, Jumat (23/06/2023).

France Putra yang basic nya pernah menjadi Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU periode sebelumnya, akan menciptakan hubungan yang harmonis, saling bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh jajaran di KPU Dharmasraya.

“Ke depan nya mudah-mudahan dengan telah terpilih nya komisioner KPU Dharmasraya yang baru, kita berharap akan tercipta hubungan yang baik. Harus selalu koordinasi dengan sekretariat salah satu nya dengan menjaga komunikasi yang baik, dan Alhamdulillah kita baru saja koordinasi dengan sekretariat,” katanya.

Tidak hanya itu, Komisioner KPU Dharmasraya juga telah menjalanin komunikasi dengan bupati, Bawaslu, dan bakal melalukan kerjasama dengan kapolres, kejaksaan, awak media, dan pihak-pihak lainnya.

Adapun Pembagian Divisi KPU Kabupaten Dharmasraya masa jabatan 2023-2028 yakni;

1. Ketua KPU Dharmasaraya France Putra Jabatan Divisi Keuangan, Umum, Logistik & RT, Wakil Ketua Henny Wardany.

2. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas & SDM Ketua Hanna Citra Utami, Wakil Ketua John Indra.

3. Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Ketua Wilri Iswandi, Wakil Ketua France Putra.

4. Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ketua Henny Wardany, Wakil Ketua Hanna Citra Utami.

5. Divisi Hukum & Pengawasan, Ketua John Indra, Wakil Ketua Wilri Iswandi.

Tanggungjawab yang besar menyambut pesta demokrasi 2024 nanti tentu tidak memberi ruang dan waktu bagi komisioner KPU Dharmasaraya yang baru untuk berleha-leha, tentunya mereka harus mempersiapkan diri tidak munculnya potensi-potensi pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh anggota KPU Dharmasaraya yang baru akibat minimnya pengetahuan atau pemahaman soal kode etik penyelenggara pemilu. Mengingat mereka baru saja dilantik pada tanggal 16 Juni 2023 ini.

Dimana pemilu mensyaratkan adanya penyelenggara pemilu yang memiliki integritas yang tinggi serta memahami, dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari warga negara. Sebaliknya, penyelenggara pemilu yang lemah, besar potensinya untuk menghambat terwujudnya pemilu yang berkualitas.

Dalam UU No. 7/2017 tentang Pemilu, penyelenggara pemilu yang dimaksud adalah terdiri atas KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) serta segenap jajaran di bawah ketiga lembaga tersebut.

Ketiganya merupakan satu kesatuan fungsi Penyelenggaraan Pemilu untuk memilih anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), anggota DPRD (Dewan Perwakilan Daerah), Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) secara langsung oleh rakyat.

(Yan)

Pos terkait