Resmi Dikukuhkan! Bundo Kanduang Sijunjung 2023-2027 Siap Menyongsong Generasi Tangguh

Resmi Dikukuhkan! Bundo Kanduang Sijunjung 2023-2027 Siap Menyongsong Generasi Tangguh

TOPSUMBAR – Pengurus Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung periode 2023-2027 resmi dikukuhkan pada hari Rabu, 6 Maret 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Prof. Dr. Ir. Puti Reno Raudha Thaib yang berlangsung di Muaro Sijunjung.

Dalam acara tersebut, Bundo Gusmanidar terpilih sebagai Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, menyatakan pentingnya peran kaum perempuan dalam sistem kekerabatan matrilineal.

Dalam kehidupan Minangkabau, perempuan memiliki posisi sentral, dan Bundo Kanduang dianggap sebagai sekolah pertama bagi anak-anak untuk membentuk karakter mereka.

Wakil Bupati juga menekankan pentingnya menjalankan filosofi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah.

“Selamat kepada pengurus yang baru di kukuhkan. Mari jalankan amanah ini dengan baik. Mari berkontribusi untuk meringankan beban Pemerintah dalam membangun Sijunjung, Ranah Lansek Manih yang kita cintai,” ucapnya.

Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Prof. Dr. Ir. Puti Reno Raudha Thaib, menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung sebagai penasehat yang mendukung pelaksanaan pengukuhan.

Ia berharap pengurus Bundo Kanduang yang baru dapat mengemban amanah dengan baik. Membawa pengetahuan tentang adat dan budaya Minangkabau untuk membentuk generasi yang tangguh.

“Adat dan budaya terkandung dalam nagari dan kaum. Jika nilai-nilai tersebut terjaga, anak-anak Minangkabau di mana pun berada akan memegang teguh adat dan budayanya sendiri,” ujarnya.

Di tempat yang sama, penasehat Bundo Kanduang Sijunjung, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa juga turut menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru.

Ia berharap mereka dapat menjalankan amanah dengan baik, berkolaborasi dengan organisasi wanita lainnya.

Serta dapat berkomunikasi dan bersinergi dengan perangkat daerah dalam menyelesaikan isu-isu strategis seperti stunting, kemiskinan ekstrem, inflasi, dan lainnya.

Harapannya, semua arahan tersebut dapat membangun Kabupaten Sijunjung menjadi lebih baik kedepannya.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait