Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Terlibat Langsung dalam Musrenbang Kecamatan Sitiung

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Terlibat Langsung dalam Musrenbang Kecamatan Sitiung

TOPSUMBAR – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Kecamatan Sitiung dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, S.H.

Acara tersebut berlangsung pada Selasa, 27 Februari 2024 di Gedung Pemerintahan Umum (GPU) Kecamatan Sitiung.

Musrenbang juga dihadiri oleh Camat Sitiung, Wali Nagari, dan sejumlah undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Camat Sitiung menjelaskan bahwa Musrenbang ini mengacu pada UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan UU No 6 tahun 2014 tentang desa.

Kegiatan ini dilaksanakan di tingkat kecamatan untuk menghimpun program kerja yang diajukan oleh wali nagari pada musrenbang kenagarian.

Tahun ini, Musrenbang RKPD mengalami perubahan dengan dilakukannya dalam dua tahap, yaitu Musrenbang Nagari dan Musrenbang Kecamatan.

Meskipun dilakukan dalam dua tahap, Musrenbang ini tetap membahas dan menetapkan langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

Hal tersebut tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan nagari/desa.

Usulan tersebut diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kecamatan di Kabupaten Dharmasraya.

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, S.H, menyampaikan bahwa Musrenbang membahas dan menyetujui usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan sebagai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Musyawarah ini juga membahas dan menyetujui kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum termasuk dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

“Penting untuk memprioritaskan aspek pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat dalam Musrenbang. Program-program harus difokuskan pada kebutuhan riil masyarakat yang akan diimplementasikan pada tahun 2025 mendatang,” pungkas Pariyanto, S.H.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait