Pemkab Dharmasraya Buka Lomba Sumbang Duo Baleh, Tingkatkan Peran Perempuan Minang dalam Etika dan Estetika

Pemkab Dharmasraya Buka Lomba Sumbang Duo Baleh, Tingkatkan Peran Perempuan Minang dalam Etika dan Estetika

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska yang di wakili oleh Sekda Adlisman, menghadiri pembukaan Lomba Sumbang Duo Baleh Tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Acara ini berlangsung di Auditorium Kantor Bupati pada Senin, 26 Februari 2024, serta berbagai pejabat turut hadir.

Turut menghadiri Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumatera Barat, serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Sekda, dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Bundo Kanduang Provinsi dan juri yang turut hadir dalam lomba ini.

Ia berharap melalui Lomba Sumbang Duo Baleh ini, dapat meningkatkan kesadaran dan peran perempuan Minangkabau dalam membina keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Lomba ini di gelar untuk memperkenalkan 12 peraturan sumbang yang harus di pahami dan di jalankan oleh perempuan Minang.

Peraturan tersebut mencakup tata karma atau cara bersikap dan berpakaian di depan umum, mengingat Minangkabau menghargai posisi perempuan dan memiliki norma-norma yang menjaga kehormatan mereka.

Lomba telah berlangsung di tingkat nagari di sebelas kecamatan, dan juara 1 di tingkat kecamatan akan mewakili dalam lomba di tingkat kabupaten.

Melalui Lomba Sumbang Duo Baleh, diharapkan dapat memberikan wadah untuk mengapresiasi ide dan kreativitas perempuan Minangkabau.

Serta dapat melestarikan aturan dan adat istiadat di Kabupaten Dharmasraya.

Ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam melestarikan budaya setempat.

“Saya berharap Lomba Sumbang Dua Baleh tingkat Kabupaten ini mendorong kemajuan, kemandirian, dan keberbudayaan Kabupaten Dharmasraya,” pungkas Sekda.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait