Pemko Padang Lakukan 7.324 Pengadaan Selama Tahun 2024

Pemko Padang Lakukan 7.324 Pengadaan Selama Tahun 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang merencanakan untuk melakukan sebanyak 7.324 pengadaan selama tahun 2024.

Jumlah pengadaan tersebut diungkapkan melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Kota Padang.

Menurut Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang, Didi Aryadi, dari total pengadaan tersebut, sebanyak 5.915 paket atau 77,59 persen akan dilakukan melalui e-purchasing, sementara 1.409 paket atau 18,48 persen akan menggunakan metode pengadaan langsung.

Bacaan Lainnya

Meski jumlah paket pengadaan yang cukup signifikan, Didi menyatakan bahwa masih ada beberapa permasalahan yang perlu diperbaiki agar pengadaan dapat berjalan sesuai dengan aturan dan berlangsung secara optimal.

Beberapa masalah yang perlu mendapat perhatian antara lain adalah kurangnya pemahaman Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) terhadap alur proses pengadaan langsung dan e-purchasing.

Kemudian belum maksimalnya penggunaan e-purchasing terutama untuk barang/jasa yang sudah terdaftar dalam katalog lokal Kota Padang, serta belum optimalnya penggunaan produk dalam negeri/TKDN dalam pengadaan barang/jasa.

“Kurangnya standar atau keseragaman proses yang dipedomani oleh PPK dan Pejabat Pengadaan, seperti persiapan dokumen yang harus disiapkan dan penyusunan berita acara yang menjadi tanggung jawab Pejabat Pengadaan,” ujarnya pada Senin, 6 Mei 2024 di Aula Dinas Kesehatan Padang.

Dalam upaya memperbaiki situasi tersebut, dilakukan sosialisasi dan penyamaan persepsi tentang pengadaan langsung dan e-purchasing dengan menghadirkan satu orang Pejabat Pembuat Komitmen dan satu orang Pejabat Pengadaan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Padang.

“Selain itu, Wali Kota Padang, Hendri Septa, telah mengambil langkah-langkah strategis dengan menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Padang dan Surat Sekda Kota Padang untuk mengatur pelaksanaan pengadaan barang/jasa,” tambahnya.

Didi berharap bahwa setelah dilakukan sosialisasi dan langkah-langkah strategis tersebut, jumlah transaksi pengadaan melalui e-purchasing, terutama dalam katalog Kota Padang, dapat mengalami peningkatan yang signifikan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait