Pemko Padang Gelar Upcara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah XXVIII

Pemko Padang Gelar Upcara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah XXVIII

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Padang menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Lapangan Balai Kota Aia Pacah pada Kamis, 2 Mei 2024.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, bertindak sebagai Pembina upacara dan menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hendri Septa menyoroti lima tahun terakhir sebagai perjalanan yang mengesankan di Kemendikbudristek, di mana gerakan Merdeka Belajar telah menjadi fokus utama.

Bacaan Lainnya

Ia mengakui bahwa tantangan terbesar dalam periode tersebut adalah pandemi yang mengubah lanskap pendidikan.

Namun, pandemi juga memberikan kesempatan untuk mempercepat perubahan dan membangun kembali sistem pendidikan yang lebih tangguh.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari kita terus bergotong royong dalam mewujudkan gerakan merdeka belajar,” ujarnya.

Selain memperingati Hardiknas dengan tema ‘Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar’, acara tersebut juga memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII dengan tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’.

Hendri Septa menjelaskan bahwa Otonomi Daerah dirancang untuk mencapai tujuan kesejahteraan dan demokrasi, serta memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah untuk mengimplementasikan kebijakan yang mendukung teknologi hijau.

Kemudian, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan dalam berbagai kategori, termasuk Kepala SMP Inovatif, Tenaga Administrasi Sekolah Inovatif, Guru TK Inovatif, Tenaga Perpustakaan Sekolah Inovatif, dan Kepala Sekolah TK Inovatif.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba video kreatif promosi UMKM, lomba video kreatif edukasi kebersihan pantai, dan lomba video kreatif Padang Bagoro.

Acara juga ditandai dengan penyerahan dua buku berjudul ‘Bergerak dan Berbagi Praktik Baik di Sekolah’ dan ‘Sukses Mencapai Penggalang Ramu’, serta pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM).

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait