Iven Penanggulangan Hama Tanaman dan HUT Elang Sniper ke VII Berakhir, Menuju Wisata Edukasi Pertanian

Iven Penanggulangan Hama Tanaman dan HUT Elang Sniper ke VII Berakhir, Menuju Wisata Edukasi Pertanian

TOPSUMBAR – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, mengapresiasi iven Penanggulangan Hama Tanaman dan HUT Elang Sniper ke VII yang diadakan di Batu Basa Nagari III Koro Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, pada hari Minggu, 5 Mei 2024.

Dalam penutupan iven tersebut, Suhatri Bur menyatakan rasa terima kasihnya atas kontribusi besar yang telah diberikan oleh masyarakat petani dalam memerangi hama tupai, yang menjadi ancaman serius bagi komoditas unggulan seperti kelapa, coklat, dan durian di Padang Pariaman.

“Dengan kerjasama dan gotong royong dalam membasmi hama tupai ini, kita telah membantu masyarakat petani dalam pengendalian hama tanaman, khususnya hama tupai,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan harapannya agar even ini dapat menjadi agenda tahunan dan dijadikan sebagai even wisata edukasi pertanian.

“Kolaborasi antara Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, dan dinas terkait lainnya dapat menjadikan iven ini sebagai agenda tahunan dan menjadi atraksi wisata dan olahraga dalam kemasan wisata edukasi pertanian,” tambahnya.

Sementara itu, Agusmardi, selaku ketua panitia, melaporkan bahwa iven ini diikuti oleh kurang lebih 800 peserta, yang berasal dari 103 klub sniper dari Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

Dalam iven tersebut, hampir 6000 ekor tupai dan 2 ekor elang berhasil ditangkap.

“Iven ini merupakan yang paling sukses, hampir 6000 ekor tupai dan 2 ekor elang berhasil ditangkap selama beberapa kali even ini dilaksanakan oleh Elang Sniper,” ungkap Agusmardi.

Ia juga berharap terus mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, Perbakin, dan seluruh unsur yang terlibat dalam program ini.

Turut hadir Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat yang mewakili Wakil Gubernur, selaku Ketua Perbakin Sumatera Barat.

Kemudian Perwakilan dari Danlanud Padang, Anggota DPRD terpilih, Kepala Dinas Sosial P3A, Kepala Dinas Kominfo, Kepala DPMD, Kepala DLHPKPP, Kepala DPPKB.

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan, Beberapa Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Camat, dan Wali Nagari se-Kecamatan IV Koto Aur Malintang.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait