Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otoda ke-XXVIII, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Suhatri Bur Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otoda ke-XXVIII, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXVIII Tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman Kawasan IKK, pada Senin 6 Mei 2024.

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, yang di dapuk menjadi inspektur upacara tersebut dalam arahannya, mengajak semua pihak untuk terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar.

“Pendidikan adalah kunci untuk kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan terkhusus di Padang Pariaman,” ujar Suhatri Bur.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri, dijelaskan bahwa Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 (dua) tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi,” terangnya.

Menurutnya, otonomi daerah memberikan kesempatan bagi daerah untuk mengelola sumber daya serta keuangan sendiri dalam rangka pembangunan daerah.

Ia juga berharap dapat memanfaatkan otonomi daerah ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suhatri Bur juga menyinggung permasalahan stunting di Padang Pariaman. Menurutnya, stunting merupakan masalah serius yang harus segera diatasi.

Ia juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bekerja keras dalam memerangi stunting.

“Pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14 persen secara nasional, untuk itu perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah dan strategi dalam upaya menekan angka stunting,” ungkapnya.

Peringatan Otoda kali ini mengangkat tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.”

Turut hadir jajaran Forkopimda Padang Pariaman, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, para pelajar, serta masyarakat umum.

Usai pelaksanaan upacara, turut dilakukan penandatanganan kerja sama oleh Satpol PP Damkar dengan Disdik Padang Pariaman.

Hal ini dalam rangka sinergitas pembinaan moralitas perilaku dan keterampilan pelajar dalam membentuk generasi muda yang berkarakter.

Selain itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan kepada siswa-siswi SD se Kabupaten Padang Pariaman yang terdampak bencana banjir.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait