Terjadi Peningkatan Kesejahteraan di Kabupaten Limapuluh Kota, Gubernur Sumbar Berikan Apresiasi

Terjadi Peningkatan Kesejahteraan di Kabupaten Limapuluh Kota, Gubernur Sumbar Berikan Apresiasi

TOPSUMBAR – Kabupaten Limapuluh Kota mencatat penurunan signifikan dalam ketimpangan pendapatan atau Gini Ratio pada tahun 2023 yang mencapai angka 0.014, turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini meningkat sebesar 0.52 persen menjadi 4.55 persen.

Hal ini menunjukkan perbaikan kondisi ekonomi dan upaya memperkecil kesenjangan pendapatan antara masyarakat kaya dan miskin.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pencapaian tersebut saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-183.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Sarilamak pada Sabtu, 13 April 2024.

“Ini patut kita apresiasi dan dorong untuk tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Gini Ratio adalah salah satu indikator penting dalam mengukur ketimpangan pendapatan masyarakat.

Indeks Gini berkisar antara 0 sampai 1, di mana nilai 0 menunjukkan ketimpangan ekonomi minimal atau pemerataan pendapatan yang sempurna, sedangkan nilai 1 menunjukkan ketimpangan maksimal.

Menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Limapuluh Kota telah mencapai kategori rendah dalam ketimpangan pendapatan, dengan penurunan setiap tahunnya dari 2021 hingga 2023 (0.244, 0.208, dan 0.194).

Bahkan, kondisi ketimpangan di Kabupaten Limapuluh Kota lebih rendah daripada rata-rata Provinsi Sumatera Barat (0.280).

Mahyeldi juga mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Limapuluh Kota untuk mencapai standar rata-rata Sumatera Barat bahkan Nasional. ”

Ini merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota untuk bersinergi, bahu-membahu, dan melibatkan semua pihak,” tambahnya.

Mahyeldi menekankan pentingnya memanfaatkan potensi yang ada, termasuk sumber daya manusia dari perantau, untuk memperkuat ekonomi daerah.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait