Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota Ke-183, Momentum Pengembangan Kawasan IKK Sarilamak

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota Ke-183, Momentum Pengembangan Kawasan IKK Sarilamak

TOPSUMBAR – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota tahun ini berlangsung dalam suasana pesta demokrasi serta perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, didampingi Wakil Ketua, Wendi Candra, dan Syamsul Mikar.

Acara dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, Wakil Bupati, Rizki Kurniawan Nakasri.

Bacaan Lainnya

Kemudian anggota DPRD Limapuluh Kota, Forkopimda, dan undangan VIP lainnya di Ruang Sidang, Bukik Limau, Sarilamak pada Sabtu, 13 April 2024.

Dalam sambutannya, Safaruddin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi memajukan Kabupaten Limapuluh Kota. Semoga pada momentum Hari Jadi ini Limapuluh Kota dapat terus maju,” ujarnya.

Mengangkat tema “BERSATU DALAM KEBERAGAMAN PERKUAT PERSAUDARAAN WUJUDKAN LIMA PULUH KOTA MAJU”, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat turut serta dalam pembangunan daerah.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah telah merencanakan pengembangan kawasan IKK dengan menyelesaikan masalah konsolidasi tanah perkotaan selama 28 tahun.

Pembangunan fasilitas publik juga menjadi prioritas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk penambahan Rumah Sakit Umum Daerah dan kantor pemerintah daerah.

Lebih lanjut, pemerintah daerah berencana merevitalisasi pasar yang ada di kawasan IKK untuk lebih fungsional dan tertata dengan baik.

Selain itu juga merencanakan pembangunan pasar induk sebagai pusat perdagangan.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan IKK. Yang mana telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaksanakan berbagai aktivitas,” ungkap Safaruddin.

Meskipun Kabupaten Limapuluh Kota telah berusia 183 tahun, tantangan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat masih ada.

Namun, berbagai indikator pembangunan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif.

Gubernur Sumatera Barat mendorong Kabupaten Limapuluh Kota untuk memanfaatkan potensi daerah secara kreatif.

Hal ini berguna untuk menciptakan peluang baru yang akan memicu pertumbuhan ekonomi.

Ia menekankan pentingnya melibatkan generasi muda dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

“Pembangunan harus bersifat kolaboratif, melibatkan berbagai pihak. Keterbatasan anggaran pembangunan menjadi tantangan. Namun dengan adanya koordinasi yang baik antar stakeholder, pembangunan daerah tetap dapat dioptimalkan,” ujar Mahyeldi.

Kabupaten Limapuluh Kota memiliki potensi besar di berbagai sektor, seperti wisata, pertanian, peternakan, dan perikanan.

Dr. Efa Yonnedi, salah seorang Wakil Tokoh masyarakat yang juga merupakan Rektor Unand menyampaikan gagasannya mengenai hubungan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah.

Menurutnya, Kolaborasi antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi telah terjalin untuk meningkatkan kualitas SDM dan menciptakan inovasi.

“Selamat Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota! Semoga kerja sama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak lainnya terus memajukan daerah ini,” ucapnya.

“Semoga Pengembangan infrastruktur, kemudahan dalam perizinan, investasi, pengembangan pariwisata dapat menuju kemakmuran dan kesejahteraan yang lebih baik,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait