Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Idul Fitri 1445 H, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pasar Murah

Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Idul Fitri 1445 H, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pasar Murah

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM menggelar pasar murah pada Kamis, 4 April 2024.

Kegiatan ini sebagai upaya memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga kebutuhan pangan serta bahan penting menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Kegiatan ini berlangsung di Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian Sarilamak dan dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Bacaan Lainnya

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eki Hari Purnama, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Rahmad Hidayat, serta sejumlah pejabat terkait.

Safaruddin dalam sambutannya menjelaskan bahwa pasar murah ini bertujuan untuk mengendalikan stabilitas harga bahan pokok guna menjaga daya beli masyarakat.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memantau fluktuasi harga pasar guna menekan tingkat inflasi.

“Operasi pasar yang kita laksanakan dapat menjamin kestabilan harga sehingga tidak terjadi panic buying di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Limapuluh Kota Rahmad Hidayat menjelaskan bahwa pasar murah ini merupakan langkah antisipasi terhadap lonjakan inflasi menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.

“Kami mendapat dukungan dari beberapa distributor dan lembaga perbankan, sehingga harga bahan pokok seperti minyak goreng dijual dengan harga Rp 13.000 per liter, dan Sarden Rp 16.000,” jelasnya.

Rahmad Hidayat menambahkan bahwa kegiatan pasar murah ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga pasar.

Contohnya, harga beras yang semula berkisar Rp 17.000 – Rp 18.000 per Kilogram, kini dapat dibeli dengan harga Rp 15.500 – Rp 16.000 per Kilogram.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk berbagi dengan masyarakat sekaligus mengantisipasi lonjakan inflasi di Kabupaten Limapuluh Kota,” tambahnya.

Dalam penutupan kegiatan, Safaruddin turut membagikan voucher discount kepada masyarakat yang dapat ditukar dengan berbagai jenis kebutuhan pokok di lokasi pasar murah.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait