Brigjend Pol Ricky Yanuarfi Dilantik Jadi Kepala BNNP Sumbar, Ricky Alumni Thawalib Padang Panjang dan UIN IB Padang

TOPSUMBAR – Brigjend Pol Ricky Yanuarfi dilantik jadi Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar).

Pelantikan Brigjend Pol Ricky Yanuarfi jadi Kepala BNNP Sumbar yang sebelumnya dia merupakan Kepala BNNP Nusa Tenggara Timur, menjadi bagian dari pelantikan 74 orang dengan jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Fungsional di lingkungan BNN RI, pada Selasa (2/4/2024) di R M Hatta, Gedung Tan Satrisna BNN, Cawang, Jakarta Timur.

Kepala BNN RI, Komjen. Pol. Marthinus Hukom yang memimpin pelantikan tersebut, meminta kepada pejabat baru agar bersungguh-sungguh atas sumpah yang diucapkan.

Sumpah tersebut terangnya, hendaknya menjadi sikap batin dan janji moral individu terhadap masyarakat, bangsa, dan negara, serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Bagi saya sumpah itu tidak main-main. Sumpah itu memiliki konsekuensi. Kita dihadapkan dengan tugas dan tanggung jawab kita untuk menyelamatkan generasi muda, anak-anak bangsa dari bahaya narkotika,” ujar Marthinus dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (2/4/2024), dikutip Topsumbar.co.id.

“Yakinilah jika kita tidak melaksanakan itu dengan serius maka konsekuensi itu akan datang pada kita sendiri, negara, generasi bangsa, bahkan anak-anak kita sendiri,” sambungnya.

Marthinus menginstruksikan kepada para pejabat yang baru dilantik, utamanya kepala BNN provinsi dan kepala BNN kabupaten/kota, untuk segera melakukan lima hal terkait dengan pelaksanaan tugas dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Pertama, membaca dan mempelajari pertelaahan tugas. Kedua, melakukan scanning dan profilling terhadap permasalahan yang dihadapi. Ketiga, menyusun rencana-rencana tindakan.

Keempat, melakukan tindakan-tindakan yang telah disusun tersebut. Kelima, melakukan evaluasi atas tindakan yang telah dilakukan,” bebernya.

Marthinus mengatakan, bahwa situasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Indonesia dengan angka prevalensi menyentuh angka 3,3 juta jiwa juga bergantung pada apa yang dilakukan oleh BNN RI.

Angka prevelensi ini terangnya, akan berkurang apabila insan BNN melakukan pekerjaan secara extraordinary yang dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Ia juga mengingatkan bahwa pendekatan kolaboratif menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan permasalahan narkotika.

“Pendekatan dalam permasalahan narkotika memang harus dilakukan secara kolaborasi karena narkotika bukan merupakan single issue, melainkan multiple issues sehingga langkah-langkah kolaboratif adalah yang paling tepat untuk dilakukan,” ungkapnya.

Perjalanan Karier dan Riwayat Jabatan

Ricky dikenal sebagai anggota polisi yang ulet, pekerja keras, kreatif dan memiliki integritas tinggi.

Pencapaiannya dalam meraih bintang juga bukan hal yang instan.

Ricky mengawali kariernya dengan bergabung menjadi As SDM Polri di tahun 1997. Kemudian ia menjadi petugas dalam operasi DOM di Aceh.

Ricky Yanuarfi selalu melaksanakan seluruh misi dengan sepenuh hati.

Perjalanan karier Ricky pun terus melesat. Utamanya setelah bergabung di Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI).

Selama bertugas di BNN RI, Ricky pernah menjabat sebagai Koorspri Kepala BNN RI era Komjen Pol. Gories Mere, Kepala BNNK Payakumbuh, Kepala BNNK Jakarta Selatan, dan Kasubdit LIngkungan Kerja dan Masyarakat di Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Karena dinilai memiliki kemampuan dalam membina komunikasi di tengah masyarakat, Ricky pun diminta kembali ke Polri untuk mengabdi di Polda Banten sebagai Direktur Binmas Polda Banten pada tahun 2020.

Dengan jabatan inilah, Ricky semakin matang dalam membangun komunikasi dan sinergi dengan masyarakat guna menciptakan kamtibmas yang lebih kuat.

Selanjutnya, Ricky kembali dipanggil BNN RI untuk memimpin Bagian Publikasi dan Media Sosial Biro Humas dan Protokol di tahun 2022.

Dengan berbekal skill komunikasi yang mumpuni, Ricky melakukan konsolidasi dengan jajarannya untuk melakukan serangkaian terobosan.

Sepanjang kariernya di BNN, Ricky bersama staf berhasil mendorong produksi konten dari segi kualitas maupun kuantitas.

Selain itu, ia juga berhasil memandu 2 episode podcast yang menghadirkan narasumber terkenal, seperti Raffi Ahmad dan Habib Husein Ja’far.

Setelah berhasil melakukan pembenahan di bidang publikasi dan media sosial BNN RI, Ricky mengikuti seleksi jabatan Kepala BNN Provinsi. Ia pun lulus dan meraih jabatan Kepala BNN Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas, Brigjen Pol Ricky Yanuarfi tetap tidak melupakan pendidikan.

Saat ini, Brigjen Pol Ricky Yanuarfi merupakan kandidat Doktor di Universitas Pancasila, Jakarta.

Motto dan Philosophy Dalam Bekerja

Brigjen Pol Ricky Yanuarfi ketika ditanya Topsumbar.co.id dalam satu kesempatan tentang apa mottonya di dalam bekerja sehingga bisa pada pencapaian saat ini.

Ricky menjawab mottonya adalah bekerja ikhlas dan mudahkan orang lain pasti Allah mudahkan hidup kita.

Sedangkan philosophynya adalah hidup ini jadikan ibadah, jabatan amanah,dan manusia yang terbaik adalah bermanfaat buat yang lain.

Tentang Narkoba

Apa yang menyebabkan seseorang ingin coba-coba narkoba?

Ricky mengatakan kenapa orang pakai narkoba karena gaya hidup, persepsi yang salah dijadikan solusi masalah hidup, dan lemahnya peran keluarga dalam mengawasi pertumbuhan anak.

“Narkoba marak karena berbagai aspek lemahnya peran serta masyarakat, narkoba di anggap aib sehingga keluarga tak mau lapor untuk di rehab dan munculnya jenis narkoba baru atau di sebut NPS,” ujarnya.

Lalu bagaimana cara terbaik penanggulangan narkoba?

Penanggulangan narkoba, sebut Ricky harus diselesaikan bersama dari hulu ke hilir.

“Semua stakeholder berperan aktif sesuai dengan Inpres no 2 tahun 2020 dan Rencana Aksi Nasional P4GN,” pungkasnya.

Alumni Perguruan Thawalib Padang Panjang dan UIN IB Padang

Brigjen Pol Ricky Yanuarfi adalah putra daerah kelahiran Kota Bukittinggi. Ia merupakan alumni Perguruan Thawalib Padang Panjang, Sumatra Barat angkatan 1992 dan alumni UIN Imam Bonjol Padang.

Dilantiknya Ricky menjadi Kepala BNNP Sumbar, menuai ucapan selamat dan sukses pun dari teman-teman satu angkatannya semasa dulu menimba ilmu di perguruan Thawalib Padang Panjang.

“Selamat dan sukses selalu Komandan Brigjen Pol Ricky Yanuarfi, SH. M.Si, Semoga amanah dalam memegang jabatan sebagai Kepala BNNP Sumbar…Komandan Hebat..Kami Alumni 92 jadi Bangga,” tulis teman-teman Ricky dalam Whatsapp group Alumni Thawalib angkatan ’92.

(Alfian YN)

Pos terkait