Gubernur Sumbar Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah

Gubernur Sumbar Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat KabupatenKota Terkait Pengelolaan Sampah

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan empat kabupaten/kota terkait pengelolaan sampah di TPA Regional Payakumbuh.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, memimpin acara tersebut yang dilaksanakan pada Senin, 8 April 2024 di Ruang Rapat Istana Gubernur Sumbar.

Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Agam adalah empat daerah yang terlibat dalam perjanjian ini.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi menjelaskan bahwa fasilitasi ini sangat penting mengingat masalah sampah dapat berdampak buruk bagi masyarakat.

Meskipun tanggung jawab pengelolaan sampah seharusnya berada di tingkat kabupaten/kota, namun karena volume sampah yang berlebihan dan TPA akan ditutup.

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar melakukan fasilitasi untuk mencari solusi.

“Pengelolaan sampah merupakan masalah serius yang akan berdampak langsung pada masyarakat. Jika pengelolaannya buruk, maka dampaknya juga akan buruk bagi masyarakat. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi,” ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi juga menekankan pentingnya kesadaran akan pengelolaan sampah, karena jika tidak dikelola dengan baik, dampaknya akan merugikan semua pihak.

Pemprov Sumbar berupaya memfasilitasi untuk mengatasi masalah ini.

Pengelolaan sampah di empat daerah tersebut terkendala karena TPA Regional Payakumbuh mengalami kejadian longsor, sementara volume sampah terus meningkat dari waktu ke waktu.

Namun, ada tambahan lahan di TPA Regional yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini.

“Terdapat tambahan lahan di TPA Regional yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sampah pada empat daerah ini. Oleh karena itu, PKS ini sangat penting di realisasikan agar persoalan sampah tersebut dapat teratasi,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto, Asisten Setdakab Limapuluh Kota Eki Hari Purnama, serta Asisten Setdakab Agam, Jetson.

Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas LH Sumbar, Tasliatul Fuaddi, Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo, serta Kabiro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait