Dharmasraya Bangga, Nagari Sungai Duo Raih Peringkat Tiga Stand Inovasi Desa

TOPSUMBAR – Pemerintah Nagari Sungai Duo, di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, berhasil meraih prestasi membanggakan untuk daerahnya.

Nagari Sungai Duo bersama Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa Sumbar mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam kategori “Stand Inovasi Desa” pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) Tahun 2023, dan menempati peringkat ketiga terbaik.

Acara Pindeskel 2023, yang berlangsung mulai 10 hingga 12 November 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, dibuka oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri, Tomsi Tohir Balaw, yang mewakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Bacaan Lainnya

Tomsi menyatakan bahwa Pindeskel merupakan panggung untuk mempublikasikan keberhasilan dan inovasi pemerintah daerah, desa, serta kelurahan dalam aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

“Pindeskel juga menjadi wadah konsolidasi dan pertukaran informasi untuk memperkuat tata kelola pemerintahan desa, kelurahan, dan inovasi di wilayah masing-masing,” ungkap Tomsi pada Jumat, 10 November 2023.

Selain memamerkan inovasi desa dan kelurahan dengan penilaian ketat dari dewan juri, acara tersebut juga menjadi tempat pemberian penghargaan oleh Kemendagri kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang terus memberikan pembinaan kepada desa dan kelurahan.

Hal ini bertujuan agar mereka dapat memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan tugas dan fungsi mereka serta mendorong kemajuan di wilayahnya.

Wali Nagari Sungai Duo, Ali Amran, mengucapkan rasa terima kasih kepada semua perangkat pemerintahan nagari dan stakeholder terkait yang telah berkontribusi sehingga Nagari Sungai Duo berhasil meraih prestasi tingkat nasional kembali.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, Pemerintah Nagari Sungai Duo kembali meraih peringkat ketiga terbaik kategori Stand Inovasi Desa pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) Tahun 2023 di Jakarta kemarin,” ungkap Ali Amran.

“Ikut berterima kasih kepada semua pihak, termasuk bhabinkamtibmas, babinsa, Ninik Mamak, ketua pemuda, dan tokoh masyarakat. Komitmen dan kebersamaan mereka membawa Nagari Sungai Duo mencapai pencapaian ini. Semoga ke depan, Nagari Sungai Duo dapat terus berkembang dan maju,” tambah Wali Nagari tersebut.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait