Cukup Unik, Pertama Kali Pemkab Solok Manfaatkan Keindahan Danau Singkarak untuk Upacara HUT RI ke-78

Pemerintah Kota Solok menggelar upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 di tengah Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Satu tahun berlalu bendera merah putih berkibar di puncak Gunung Talang pada 17 Agustus 2022 lalu. Tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 di Tengah Danau Singkarak.

Momentum ini dinilai cukup unik, upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 dihelat secara terapung di Tengah Danau Singkarak. Kegiatan ini juga merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Pulau Sumatera dan barangkali juga pertama dilaksanakan untuk seluruh Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Solok, Epyardi Asda. Turut hadir, Forkopimda Kabupaten Solok, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Kepala OPD, Kepala BUMN dan BUMD, Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten Solok, Camat dan Walinagari Se-Kabupaten Solok, Organisasi Wanita Se-Kabupaten Solok, Camat dan Walinagari Se-Kabupaten Solok, Organisasi Masyarakat, Kepala SD dan SMP Se-Kabupaten Solok, ASN dan THL Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Tokoh-tokoh Masyarakat serta Pejuang Veteran di Kabupaten Solok serta Siswa/Siswi SD dan SMP Se-Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Bupati Solok, Epyardi Asda atas nama Pemerintah Kabupaten Solok mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan dari seluruh pihak sehingga Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang Ke-78 ini sukses dilaksanakan di Tengah Danau Singkarak ini.

Bupati Solok, Epyardi Asda memimpin upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun di tengah Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)
Bupati Solok, Epyardi Asda memimpin upacara kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun di tengah Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)

“Merebut kemerdekaan bukanlah hal yang mudah namun untuk mengisi kemerdekaan ini juga bukanlah hal yang mudah sebagai mana cita-cita para pahlawan demi anak cucunya sehingga bisa menikmati kemerdekaan serta kehidupan yang damai dan tentram,” pesan Epyardi.

Ia juga mengajak kepada semua hadirin untuk menghayati bagaimana perjuangan para pendiri bangsa yang kita cintai ini. Sebagai generasi penerus, mari kita terus lanjutkan perjuangan melalui profesi masing-masing.

“Saya merasa bangga menjadi Kepala Daerah di Kabupaten Solok ini, bersama seluruh jajaran Pemerintah, Solok Super Team dan Forkopimda kita bertekad melanjutkan perjuangan dalam memajukan Bangsa dan Negara yang kita cintai ini,” jelas Epyardi.

Peserta upacara nampak antusias mengikuti upacara di pinggir Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)
Peserta upacara nampak antusias mengikuti upacara di pinggir Danau Singkarak (foto: Topsumbar.co.id)

Bupati juga menyampaikan, Upacara Peringatan HUT RI tahun ini dilaksanakan di Di tengah-tengah Danau Singkarak yang bertujuan untuk memperlihatkan Keindahan Alam di Kabupaten Solok yang memiliki Pesona Lima Danau dan Gunung Talang serta alam perbukitan yang indah. Tidak hanya itu, pelaksanaan Upacara secara Terapung di tengah Danau ini terbilang Ekstrim namun ini belum bisa mengalahkan perjuangan para pahlawan terdahulu.

Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2023 ini, Bupati Solok bersama jajaran Forkopimda juga berkenan mengendarai Jetski sekaligus mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Tengah-tengah Danau Singkarak dan dilanjutkan dengan Lomba Balap Perahu Dayung.

Usai Upacara Terapung, kegiatan dilanjutkan di Dermaga Danau Singkarak yakni Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya secara simbolis kepada Pegawai Pemerintah Kabupaten Solok yang telah mengabdi Selama 30 Tahun, 20 Tahun dan 10 Tahun.

Adapun Pegawai Pemerintah Kabupaten Solok yang menerima penganugerahan tersebut secara simbolis yakni: Drs. Syahrial, MM yang menerima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun, Teta Midra, S.STP, M.Si yang menerima Satyalancana Karya Satya 20 Tahun, dan Dery Akmal, ST yang menerima Satyalancana Karya Satya 10 Tahun

Dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan kepada Terbaik I Tenaga Gizi Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan 10 Besar, Suci Fadila, Str. Gz, Terbaik I Dokter Gigi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, drg. Corrina Heparti Novsyiami, Terbaik I Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Silvia Febrina, SKM, Terbaik III Perawat Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Ns. Oktavia Nisra, S.Kep dan Terbaik II Tenaga Gizi Rumah Sakit Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Donny Aprial Ravin, Amd.Gz.

Serta Penyerahan secara Simbolis Jaminan Kesehatan dari BPJS Kesehatan yakni uang sejumlah Rp42.000.000 kepada masing-masing enam orang penerima.

(By)

Pos terkait