Dekranasda Kabupaten Solok Bersinar, Pamerkan Keindahan dan Keunikan Kerajinan IKM di Inacraft 2024

Dekranasda Kabupaten Solok Bersinar, Pamerkan Keindahan dan Keunikan Kerajinan IKM di Inacraft 2024

TOPSUMBAR – Kehadiran Dekranasda Kabupaten Solok dalam Pameran Kerajinan Tangan pada Event Inacraft 2024 telah menjadi sorotan utama.

Acara tersebut berlangsung di JCC Senayan pada Rabu 28 Februari 2024 dan menampilkan sejumlah produk IKM unggulan dari Kabupaten Solok.

Inacraft 2024, atau Jakarta International Handicraft Trade Fair, kembali menggelar pameran terbesar dan paling komprehensif di Asia Tenggara untuk kali ke-24.

Bacaan Lainnya

Dengan menghadirkan sekitar 1.500 Usaha Kecil Menengah (UKM), pameran ini mengisi 1.066 stan dan memenuhi seluruh Hall JCC dengan luas sekitar 20.231 meter persegi.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki membuka secara langsung acara tersebut, sekaligus sebagai penyelenggara Inacraft 2024.

Saat memulai acara tersebut, Ia menyoroti pangsa pasar Indonesia yang saat ini mencapai 1,25% dalam industri kerajinan dunia.

Teten optimis bahwa pangsa pasar ini akan terus meningkat berkat kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dan keterampilan para pengrajin dalam menciptakan produk dekoratif dan kerajinan yang istimewa.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Solok, Yenti Nova, dengan semangat menyampaikan beragam produk IKM yang dibawa ke pameran ini.

Mulai dari Tenun Talang Sarumpun hingga Anyaman Perdana Pandan, setiap produk menggambarkan keindahan dan keunikan Kabupaten Solok.

“Dengan kehadiran kami di Inacraft 2024, kami berharap produk-produk IKM Kabupaten Solok akan mendapat pengakuan lebih luas, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat nasional. Kami menargetkan penjualan produk IKN Kabupaten Solok mencapai 50 juta rupiah selama berlangsungnya pameran ini,” ujarnya.

Selain itu, kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di pameran ini menunjukkan dukungan mereka terhadap industri kerajinan lokal.

Mereka berkeliling ke berbagai stan pameran, menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan kerajinan tangan di Indonesia.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait