Musrenbang Dimulai, Bupati Solok Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif

Musrenbang Dimulai, Bupati Solok Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif

TOPSUMBAR – Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Solok resmi dimulai pada Selasa 5 Maret 2024 di Aula Kantor Camat X Koto Singkarak.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Camat X Koto Singkarak, Chrismon Darma, S.IP., mewakili Bupati Solok.

Chrismon Darma dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan wadah penting untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Ia mengajak seluruh peserta untuk aktif memberikan pemikiran dan masukan demi pembangunan daerah yang optimal.

“Mari kita manfaatkan momen ini untuk menyusun program pembangunan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbang Kabupaten Solok, Yoseph Walleska, SST.Pa, MM., memaparkan bahwa Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahap penting dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Solok Tahun Anggaran 2025.

Yoseph menegaskan bahwa Musrenbang bukan sekedar seremonial, melainkan kegiatan penting untuk menyusun program pembangunan daerah.

Ia mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan dalam proses ini.

“Kami mengharapkan usulan-usulan yang di sampaikan berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan riil masyarakat,” ujar Yoseph.

Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Solok akan berlangsung hingga tanggal 8 Maret 2024 mendatang.

Di akhir penyampaiannya, Yoseph menginformasikan jadwal pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Solok berdasarkan surat undangan Nomor: 000.7.2.4/183/Bapelitbang – 2024.

Kecamatan X Koto Singkarak, Kecamatan X Koto Di Atas, Kecamatan Junjung Sirih, dan Kecamatan Bukit Sundi mengadakan musrenbang pada tanggal 5 Maret 2024.

Sementara itu, Kecamatan Lembang Jaya, Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Tigo Lurah, dan Kecamatan Danau Kembar di jadwalkan untuk tanggal 6 Maret 2024.

Pada tanggal 7 Maret 2024, giliran Kecamatan Hiliran Gumanti, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Pantai Cermin, dan Kecamatan IX Koto Sei Lasi.

Terakhir, Kecamatan Kubung dan Kecamatan Gunung Talang akan menggelar Musrenbang pada tanggal 8 Maret 2024.

Acara ini di harapkan dapat menghasilkan program pembangunan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappelitbang selaku koordinator acara, Kepala OPD terkait lainnya, Unsur Forkopimcam.

Kemudian, Wali Nagari, Ketua BPN/BMN, tokoh masyarakat, serta unsur organisasi masing-masing Nagari juga turut menghadiri acara tersebut.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait