Mensos RI Tri Rismaharini Puji Tagana yang Selalu Hadir Terutama di Tengah Situasi Bencana

Topsumbar – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memuji jasa-jasa Tagana (Taruna Siaga Bencana) yang selalu hadir di tengah masyarakat. Terlebih, dedikasi mereka di tengah situasi kebencanaan. Hal ini tentu sangat patut untuk diapresiasi dan disyukuri.

Demikian Mensos Tri Rismaharini dalam arahannya saat memimpin Upacara Santi Aji di hadapan ratusan utusan Tagana dari seluruh provinsi di Indonesia. Upacara Santi Aji adalah penutup dari seluruh rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke 19 dan berlangsung Minggu malam (28/05/2023) di Dharmasraya.

Dijelaskan oleh mantan Walikota Surabaya ini, istimewanya lagi, perjuangan Tagana ini juga tanpa pamrih. “Saat kejadian bencana, Tagana rela berada di lapangan selama berhari-hari, meninggalkan keluarga dan pekerjaan. Hanya untuk hadir membantu masyarakat. Dan semua itu dilakukan tanpa pamrih,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Bahkan, sambungnya, Tagana tidak hanya hadir di tengah situasi kebencanaan, melainkan juga hadir pada setiap kegiatan bakti sosial kemasyarakatan. Sebagaimana pada rangkaian peringatan HUT Tagana tingkat Nasional di Dharmasraya, yang diisi dengan berbagai agenda bakti sosial.Seperti pembangunan Jembatan Gantung, Shelter Pengungsi, Rumah Sejahtera Terpadu (RST), hingga Pembangunan Taman Lansia, yang seluruhnya dikerjakan secara gotong royong oleh Tagana utusan dari seluruh Indonesia.

“Terima kasih Tagana, atas jasa-jasamu kepada masyarakat. Selamat Ulang Tahun Tagana, teruslah berbuat. Lanjutkan tugas suci dan mulia ini,” ucapnya lagi.

Pujian serupa terhadap Tagana juga disampaikan Gubernur Sumatera Barat. Ia juga melayangkan pujian untuk para Tagana, atas dedikasi dan keikhlasan dalam membantu masyarakat, terutama sekali dalam situasi kebencanaan.

“Tagana adalah manusia-manusia istimewa. Dalam setiap pelaksanaan tugasnya, Tagana rela dan ikhlas. Termasuk di Sumatera Barat, di mana Tagana selalu hadir saat masyarakat membutuhkan. Terlebih lagi di tengah situasi bencana. Baik itu bencana alam mau pun bencana sosial,” ucap Gubernur.

Acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 19 Tagana tahun ini berlangsung sukses. Pelaksanaannya yang sejalan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 secara apik mampu dilaksanakan Dharmasraya sebagai tuan rumah

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan secara singkat menyatakan gembira dengan suksesnya kedua acara ini. “Alhamdulillah. Semuanya berjalan sebagaimana yang direncanakan,” ujar Ketua APKASI yang juga disebut-sebut akan maju sebagai calon Gubernur Sumbar itu.

Pos terkait