Meriahkan Peringatan HUT PWI ke 77 Tahun, Pariyanto Sampaikan Sejarah Berdirinya HPN

Meriahkan Peringatan HUT PWI ke-77Th, Pariyanto Sampaikan Sejarah Berdirinya HPN

Dharmasraya | TopSumbar – Tanggal 9 Februari di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Selain itu, di tanggal tersebut juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Hari Pers Nasional dilatarbelakangi oleh peran wartawan sebagai aktivis pemberitaan yang membangkitkan kesadaran nasional masyarakat.

Hal itu juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto SH saat dihubungi melalui telepon saat beliau berada di kabupaten Sidoarjo Jawa timur.

Bacaan Lainnya

“Selamat Hari Pers Nasional (HPN) yang ke 77 tahun di kota Medan dan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia dan di hadiri lebih kurang 7000 orang tamu dan undangan,” sebut politisi PDIP ini.

Pariyanto juga menyampaikan sejarah berdirinya HPN pada kongres PWI ke 28 tahun di Kota Padang Sumatera Barat kala itu juga di digodok jadi hari Pers Nasional.

“Hari Pers Nasional menjadi salah satu butir dari hasil Kongres PWI ke-28 di Kota Padang pada tahun 1978. Dalam kongres tersebut, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional,”tutupnya Pariyanto yang juga Waketum ADKASI ini. (Yanti)

Pos terkait