Edrianosmoy, Ketua Petani Milenial Mapat Tunggul Maju di Pilwana Pintu Padang

Pasaman | Topsumbar – Kabupaten Pasaman bakal melaksanakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak pada tanggal 7 November 2022 mendatang. Atmosfir politik di tingkat nagari belakangan tambah hangat sejak dibukanya kran penerimaan penentuan wali nagari (Pilwana) serentak di 10 nagari di Pasaman. Animo tokoh-tokoh lokal untuk jadi orang nomer 1 di tiap-tiap nagari lumayan tinggi.

Edrianosmoy, Ketua Petani Milenial Mapat Tunggul maju di Pemilihan Wali Nagari Pintu Padang, Ketua Petani Milenial yang sarat pengalaman organisasi itu mengaku mendambakan berbakti lebih pada kampung halaman yang telah membesarkannya sebagai tokoh muda yang berpendidikan.

Edrianosmoy Ketua Petani Milenial yang lahir di Pintu Padang, 11 Februari 1989 itu lebih tegas memperlihatkan dirinya untuk dihibahkan demi kemajuan pembangunan nagari seluas 101,09 hektar itu.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin berbakti untuk nagari bersama mengajak anak-anak milineal membangun kampung halaman,” tegas nya.

Tentu saja tekad yang diucapkan tokoh muda santun ini bukan tanpa nilai tawar. Untuk memimpin penduduk nagari Pintu Padang  itu, sekurangnya pengalaman organisasi sebagai Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNP tahun 2010, staf operator fuji film abadi foto Bogor, bahkan sempat menjadi manajer operasional BMP Travel Umroh Padang dan Palembang. Dipertajam pengalamannya sebagai pendiri kawasan Atsiri Pasaman pada tahun 2020, menjadikan alasan Edrian untuk pulang membangun kampung cukup logis

Dari aspek pendidikan, alumni SDN 07 Pintu Padang itu mengaku selalu menjadi lulusan terbaik. Dari SD melanjutkan sekolah ke SMP Negri 01 Lubuk Alung, kemudian masuk SMK Negri 01 Kota Pariaman, hingga terakhir kuliah pada Universitas Negeri Padang, semua dilalui dengan hasil sempurna.

Visi dari Ketua Petani Milenial ini untuk nagari nya adalah, mewujudkan masyarakat nagari Pintu Padang yang lebih baik, maju, sejahtera dan bermartabat. Nagari Pintu Padang sebagai pusat perdagangan, pendidikan, dan pariwisata di Mapat Tunggul.

Pilwana serentak tersebut bakal dilaksanakan oleh sepuluh nagari yang masa jabatan Wali Nagari nya habis pada tahun 2022 ini .Sepuluh nagari tersebut diantaranya Nagari Tanjuang Beringin, Sundata, Taruang-Taruang, Pintu Padang, Bahagian Padang Galugua, Sontang Cubadak, Sitombol Padang Galugua, Panti, Panti Selatan dan Panti Timur. Penetapan jadwal tahapan pelaksanaan Wali Nagari serentak tahun 2022 ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pasaman Nomor :188.45/340/BUP-PAS/2022

Berdasarkan ketentuan pasal 53 pengaturan daerah Kabupaten Pasaman nomor 1 tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Wali Nagari dinyatakan bahwa “Pemilihan Wali nagari diundur pelaksanaannya bila terjadi  hal-hal yang menarik dan menyangkut kepentingan umum yang lebih luas. Pelaksanaan pemilihan wali nagari yang direncanakan pada tanggal 7 Oktober 2022, penyebab pengunduran tanggal pemilihan wali nagari disebabkan oleh keinginan bersama antara pemilihan wali nagari 10 nagari induk dan 20 nagari pemekaran, pengunduran tanggal pelaksanaan belum dapat diketahui sampai konfirmasi dari sekertariat daerah Pasaman.

(Wandi)

Pos terkait