Perluas Penyebaran Informasi dan Edukasi, BPJS Kesehatan Sosialisasi Kepada Pekerja Sosial Mandiri

Sosialisasi dan Edukasi Publik merupakan salah satu fokus utama BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bersama Dinas Sosial Kota Bukittinggi, BPJS Kesehatan menjalin kerja sama terkait penyebaran informasi dan edukasi kepada Pekerja Sosial Mandiri (PSM) sekaligus penyerahan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segemen peserta Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PD Pemda), yang akan disebarkan melalui PSM langsung kepada peserta JKN-KIS.

“Dinas Sosial Kota Bukittinggi siap mendukung BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi dalam melakukan sosialisasi, penyebaran informasi dan edukasi atau bentuk dukungan lainnya agar pelaksanaan Program JKN-KIS di Kota Bukittinggi dapat terlaksana maksimal. Kita upayakan semua fasilitas yang ada di kita,” ujar Linda Feroza Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi.

Menurut Linda, sebagaimana dilansir Topsumbar.co.id dari laman Jamkesnews, Selasa, (27/10/2020), mengatakan sosialisasi kepada PSM sangat penting. PSM mempunyai tugas antara lain menginisiasi masalah sosial, mendorong, menggerakkan dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta tugas sebagai pendamping sosial bagi warga masyarakat penerima manfaat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu PSM yang langsung berinteraksi dengan masyarakat, diharapkan dapat memberikan dan penyebaran informasi serta edukasi tentang Program JKN – KIS.

Bacaan Lainnya

“Kita telah banyak bersinergi dan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kegiatan sosialisasi ini untuk memantapkan pemahaman PSM mngenai informasi, prosedur penjaminan manfaat dari Program JKN – KIS serta hak dan kewajiban dari peserta JKN-KIS,” ujar Linda

Sosialisasi ini pun sekaligus penyerahan Kartu JKN – KIS untuk segmen peserta PD Pemda, dimana sebanyak 1.322 Kartu Keluarga yang telah terdaftar di segmen peserta PD Pemda dan telah dicetak kartunya oleh BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan melalui Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Rismanelly menjelaskan sebanyak 2.590 jiwa yang telah dicetak tersebut merupakan bagian dari 9.143 jiwa, penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan sebanyak 2.590 jiwa kartu yang telah dicetak, akan dibagikan melalui PSM langsung kepada penerima kartu. Kami sangat terbantu adanya dukungan dari Dinas Sosial beserta PSM, Program JKN – KIS dengan prinsip gotong royong, dibuthkan upaya dari semua pihak agar Program JKN – KIS dapat terlaksana dengan baik, khususnya di Kota Bukittinggi ini,” ujar Rsimanelly.

(AL/Rls)

Pos terkait