Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, WBP Lapas Kelas IIA Bukittinggi Ikuti Lomba MTQ dan Dakwah

Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, WBP Lapas Kelas IIA Bukittinggi Ikuti Lomba MTQ dan Dakwah

TOPSUMBAR – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukittinggi mengikuti lomba MTQ dan Dakwah.

Dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari lapas tersebut turut serta dalam Musabagah Tilawatil Quran (MTQ) dan Dakwah pada Jum’at, 15 Maret 2024.

MTQ menjadi ajang perlombaan yang menggabungkan keindahan suara, serta penguasaan tajwid Al-Qur’an.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Herdianto, mengungkapkan bahwa tujuan dari MTQ adalah untuk mendekatkan umat Islam dengan Al-Quran.

Serta dapat meningkatkan semangat membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi Al-Qur’an.

“Saya berharap dengan keikutsertaan Warga Binaan dalam MTQ, mereka dapat mengamalkan ajaran Al-Qur’an. Serta memiliki kepekaan dan rasa khauf pada Allah sebagai dasar pembentukan mental dan moral yang Islami,” ujarnya.

Keikutsertaan dalam perlombaan MTQ dan Dakwah di Lapas Kelas IIA Bukittinggi disambut dengan sukacita oleh WBP lainnya.

Salah seorang Warga Binaan menyatakan rasa bangganya karena dapat menjadi perwakilan lapas dalam acara tersebut.

Perlombaan MTQ memiliki aturan yang ketat, peserta diberi kebebasan memilih ayat atau surah Al-Quran yang akan dilantunkan dengan durasi maksimal video selama 3 menit.

Video kemudian akan diseleksi oleh panitia kantor wilayah sebelum dikirimkan ke panitia pelaksana Ditjen Pemasyarakatan untuk seleksi tingkat nasional.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait