Senyum Muhiddin Nur, PPS Nagari Palangki Kabupaten Sijunjung Panen Semangka

Senyum Muhiddin Nur, PPS Nagari Palangki Kabupaten Sijunjung Panen Semangka

TOPSUMBAR – Bulan puasa adalah bulan penuh berkah, hal itu dirasakan langsung oleh Muhiddin Nur, laki-laki paruh baya yang beralamat di Nagari Palangki.

Pak Edi, demikian namanya biasa dipanggil yang ditemui saat membuka lapaknya di pinggir Jalan Lintas Sumatera, ia tak bisa menyembunyikan aura kebahagiaannya.

Ia yang sehari-hari berprofesi sebagai petani tersebut, sedang panen semangka dari lahannya dan menjualnya langsung bersama istri dan anak.

Bacaan Lainnya

“Lumayanlah pak,”ujarnya membuka percakapan pagi ini, Jumat 15 Maret 2024.

“Kita panen dan berjualan sejak dua hari sebelum puasa,” lanjutnya.

Setiap hari beliau panen semangka rata-rata tiga gerobak dari hasil penanaman pada dua petak sawah. Satu buah semangka yang dijualnya bahkan sampai delapan kilogram dan dijual seharga Rp. 8.000,- per kilo.

“Puasa sekarang ini banyak petani yang beruntung, panen semangka, panen cabai, panen bawang, panen jagung dan juga panen sawit harganya bagus,” komentar Pak Edi.

Selain berprofesi sebagai petani, Pak Edi juga dipercaya oleh pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung menjadi Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS).

Diantara tugas dan fungsi PPS yaitu mengajak petani lain agar tahu, mau dan mampu dalam merobah perilakunya menjadi lebih baik.

Berkat perhitungan yang mantap mengatur jadual tanam serta pengalaman dalam budidaya semangka, akhirnya semangka Pak Edi “berbuah manis”.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait