Mayoritas Penduduk Sijunjung Sudah Terdaftar di BPJS: Upaya Realisasi JKN Melalui Proyek PESIAR

Topsumbar – Sebanyak 83,35% dari penduduk Kabupaten Sijunjung sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Sijunjung, Liza Erlina, S.Farm, A.Pt, Ak, pada Senin (18/9/2023) di ruang kerjanya yang berada di Muaro Sijunjung.

“Dari total 240.798 jiwa penduduk Sijunjung, 200.697 jiwa di antaranya sudah terdaftar sebagai peserta,” kata Liza yang dikenal dengan sebutan “Srikandi Kota Arang”. “Namun, masih ada 40.101 jiwa yang belum menjadi bagian dari BPJS Kesehatan,” tambahnya. Liza pernah menjabat sebagai Kepala Unit Manajemen Kepesertaan di BPJS Cabang Solok.

Liza juga mengungkapkan rencana kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk menjadikan sebuah nagari sebagai pilot project PESIAR. Meskipun Kabupaten Sijunjung bukanlah kabupaten pilihan untuk pilot project berdasarkan Inpres Nomor 1 tahun 2022, mereka tetap berupaya bekerjasama dengan Pemda untuk mewujudkan nagari percontohan PESIAR.

Bacaan Lainnya

PESIAR, yang merupakan singkatan dari Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi, bertujuan untuk mempercepat realisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi semua penduduk.

(AG)

Pos terkait