Program Bang Wako Timbulkan Reaksi dari Berbagai Pihak, Erman Safar Tegas Tidak Akan jadi Penghalang

Program Bang Wako Timbulkan Reaksi dari Berbagai Pihak, Erman Safar Tegas Tidak Akan jadi Penghalang

TOPSUMBAR – Program bantuan untuk masyarakat di Kota Bukittinggi dengan tagline “Bang Wako Peduli” memunculkan respon dari berbagai masyarakat dan kelompok politik.

Nyinyiran mengenai Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar “Bermain” mencuat dengan berbagai foto dirinya dan logo Baznas serta Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi.

Hal tersebut tentu bukanlah hal yang perlu di balas dengan nyinyiran juga, sebab perhatian dan kepedulian kepada masyarakat jauh lebih penting.

Bacaan Lainnya

Perhatian kepada masyarakat Bukittinggi dibuktikan dengan tidak “berbalas pantun” dengan pihak tertentu yang sengaja melempar persoalan ke publik.

Program Bang Wako Peduli tersebut di rancang guna membantu warga dengan ekonomi menengah kebawah.

Program tersebut melalui kerja sama dengan APBD, Baznas, CSR, serta partisipasi masyarakat di Kota Bukittinggi.

Erman Safar, selaku Wali Kota Bukittinggi menegaskan bahwa program Bang Wako Peduli adalah program jaminan kesejahteraan sosial ekonomi kerakyatan bagi masyarakat.

Terdapat sejumlah program diluncurkan dalam membantu rakyat kecil, yakni jaminan kebutuhan pokok seperti, bahan pokok dan Warung Utsman.

Dalam program tersebut, masyarakat Bukittinggi diberi voucher belanja gratis, yang mana voucher tersebut dapat di tukar dengan kebutuhan pokok yang telah tersedia.

Kemudian jaminan kesehatan berupa bantuan iuran BPJS, Bantuan modal tabungan Utsman, serta bantuan Iuran Komite Sekolah.

Selain itu, bantuan berupa tambahan honor bagi guru honorer di lingkungan pendidikan formal maupun non formal. Jaminan kecelakaan kerja untuk pekerja rentan, dan bantuan usaha bagi wanita tergolong usia rentan.

“Masih banyak bantuan lainnya. Program ini bersumber dari dana APBD, CSR, Baznas, serta keterlibatan masyarakat. Program ini telah berjalan sejak beberapa tahun terkahir ini, ujar Wako pada Selasa, 12 Maret 2024 di Bukittinggi.

“Puluhan ribu masyarakat telah menikmati program ini. Kebetulan sekarang sedang memasuki masa pilkada, maka ini dijadikan bahan oleh segelintir orang. Beberapa program ditawarkan telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Namun hal ini mendapat reaksi yang berbeda dari kelompok politik, tentu ini sangat di sayangkan,” ujarnya.

Erman Safar terus berkomitmen untuk terus menjalankan program kerakyatannya. Menurutnya, masih banyak masyarakat di Bukittinggi membutuhkan bantuan dengan program yang berlandaskan terhadap kepedulian.

“Kami terus berkomitmen dalam membantu rakyat melalui program Bang Wako Peduli ini. Berbagai reaksi negatif tidak akan mengahali kita dalam merealisasikan program ini,” pungkasnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait