Walikota Solok Harapkan Pers Sampaikan Informasi dengan Cepat

89

Pemerintah memiliki keterbatasan dalam mendapatkan maupun menyebarkan informasi kepada masyarakat. Maka dengan adanya Pers, informasi diharapkan dapat tersampaikan dengan cepat.

Hal itu dikatakan oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar dalam kata sambutannya saat acara Silaturrahmi dengan Insan Pers Kota Solok, yang bertempat di Balairung 99 Rumah Dinas Walikota Solok, Jum’at (26/3/2021). Acara Silaturrahmi bersama Insan Pers juga dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra.

Lebih lanjut Zul Elfian Umar mengatakan, bahwa prinsip kesetaraan dalam bekerja sama diperlukan diantara media dan pemerintah, karena kedua pihak saling membutuhkan. Pihak pemerintah membutuhkan peran media sebagai wadah untuk mensosialisasikan apa yang telah dikerjakan kepada masyarakat, dan pihak media sendiri membutuhkan pemerintah sebagai sumber berita.

“Pandemi Covid-19 yang masih berlanjut di tahun ini, telah menimbulkan dampak luar biasa yang dirasakan oleh semua sektor kehidupan secara global,” sebut Zul Elfian Umar.

Untuk itu, lanjutnya, kepada rekan-rekan pers diharapkan agar kemitraan antara media massa dan Pemerintah Daerah Kota Solok lebih di optimalkan lagi, khususnya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat disiplin dalam memasuki era normal baru di tengah pandemi Covid-19.

“Media massa disebut sebagai pilar keempat demokrasi, karena kebebasan Pers digunakan sebagai alat ukur untuk melihat demokratisasi sebuah negara. Media yang netral berarti media yang bergerak secara independen, kredibel, dan mandiri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga masyarakat tidak tertipu terhadap fakta yang sebenarnya terjadi,” paparnya.

Disebutkanya, hal inilah yang kami harapkan lahir dari adanya kemitraan media massa dengan Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Bantu Kami menyampaikan informasi-informasi penting kepada masyarakat kita. Jangan penuhi kota ini dengan berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Peran insan Pers dan media sangat besar dalam membesarkan nama Pemko Solok hingga saat ini. Terima kasih untuk tetap eksis menyumbangkan masukan dan kritik yang cerdas dan berimbang,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Kominfo beserta jajaran, yang telah memfasilitasi pelaksanaan silaturrahmi antara Pemko Solok dan awak media.

“Silaturahmi dan temu ramah ini diharapkan mampu meningkatkan sinergisitas dan kerjasama kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan para awak media, khususnya yang bertugas di Pemko Solok,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Seperti yang telah diketahui bersama, imbuhnya, bahwa media merupakan pilar ke empat demokrasi yang memiliki fungsi pengawasan sosial (social control).

“Agenda silaturrahmi dan tatap muka ini sudah lama direncanakan, namun karena sejumlah hal baru dapat terlaksana hari ini. Kegiatan hari ini sekaligus mengawali perkenalan kami yang baru 26 hari menjabat sebagai Wawako Solok,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa peran media massa dalam membentuk opini publik, diera globalisasi cukup dominan. Oleh karena itu, peluang ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah daerah, tentunya untuk mensosialisasikan program kerja dan mengumumkan keberhasilan pembangunan yang berhasil diraih.

Turut hadir dalam acara silahturahmi tersebut, diantaranya Kepala Dinas Kominfo Kota Solok Zulfadli, SH beserta jajaran, Kasubag Komunikasi dan Dokumentasi, Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solok Livka Orestila, serta Rekan-rekan Wartawan yang bertugas di Kota Solok. (Syafri)

loading...