Menuju Solok Madani 2045, Musrenbang RPJPD Kota Solok Digelar

Menuju Solok Madani 2045, Musrenbang RPJPD Kota Solok Digelar

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Solok menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solok tahun 2025-2045.

Mengusung tema “Solok Kini jo Solok 20 Tahun Nan Ka Datang”, Musrenbang ini diselenggarakan di Gedung Kubuang Tigo Baleh pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 250 orang peserta, termasuk Wakil Walikota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

DPRD Kota Solok, Kepala Bappeda Kota Solok, pimpinan OPD, lembaga adat, tokoh masyarakat, organisasi profesi, organisasi mahasiswa, serta tamu undangan lainnya juga turut hadir.

Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Bayu Kharisma, menekankan pentingnya Musrenbang RPJPD dalam menentukan skala prioritas pembangunan.

Ia pun mengajak para peserta untuk aktif dalam diskusi dan memberikan masukan yang konstruktif.

Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, menjelaskan bahwa RPJPD merupakan dokumen rujukan untuk pembangunan di Kota Solok.

Ia pun memaparkan berbagai capaian kinerja makro pembangunan kesejahteraan masyarakat Kota Solok.

Salah satunya, Pertumbuhan ekonomi positif 4,6%, tertinggi kedua di Sumatera Barat. Angka kemiskinan 3,05%, terendah kedua di Sumatera Barat dan termasuk 10 terendah di Indonesia. Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 3.72%, terendah ketiga di Sumatera Barat.

Wawako Ramadhani juga menyampaikan berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi Kota Solok tahun 2025-2045.

Musrenbang RPJPD diharapkan dapat menghasilkan dokumen RPJPD yang komprehensif dan aspiratif, serta menjadi panduan bagi pembangunan Kota Solok yang maju, sejahtera, unggul, dan berdaya saing di tahun 2045.

Musrenbang RPJPD dilanjutkan dengan sesi diskusi yang menghadirkan narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Akademisi, Dirut Perumda Pincuran Gadang, dan CEO PT. Padi Mall Ina. Para narasumber memberikan berbagai masukan dan saran terkait RPJPD Kota Solok 2025-2045.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait