Pemko Solok Gelar Bimtek Asistensi untuk Tingkatkan Efektivitas Pengendalian Korupsi

Pemko Solok Gelar Bimtek Asistensi untuk Tingkatkan Efektivitas Pengendalian Korupsi

TOPSUMBAR – Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani, hadiri sosialisasi dan Bimtek Asistensi IEPK bersama BPKP Sumbar.

Bimtek Asistensi Peningkatan Nilai Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) berlangsung di Akmal Room Bappeda Kota Solok pada Selasa, 30 Januari 2024.

Acara dihadiri Kepala BPKP Sumbar, kepala OPD Kota Solok, dan peserta Asistensi IEPK.

Bacaan Lainnya

IEPK merupakan suatu upaya untuk mengukur kemajuan dalam pengelolaan risiko korupsi di dalam organisasi.

Terdiri dari tiga pilar utama, yaitu Kapabilitas (Komitmen), Rapstragah (Internalisasi), dan Penanganan Kejadian(Konsistensi).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa pemerintah daerah saat ini dihadapkan pada tantangan dan permasalahan yang kompleks.

Oleh karena itu, setiap perangkat daerah perlu menggunakan sistem yang baik untuk mengatur kegiatan operasionalnya.

IEPK menjadi alat pengukur efektivitas pengendalian korupsi yang dapat membantu mencegah kesalahan, kegagalan, dan penyimpangan.

“Wawako menyatakan bahwa Pemerintah Kota Solok berkomitmen menerapkan tata kelola yang baik di setiap tingkatan dan lembaga.” ujarnya.

“Penerapan IEPK diharapkan menjadi landasan penyusunan manajemen risiko dan pengendalian terkait pencegahan korupsi,” tambahnya.

“Kami percaya, dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi dari setiap OPD, tugas pokok dan fungsi dapat dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab.” pungkasnya.

Wakil Wali Kota juga berharap agar perwakilan BPKP Sumbar dapat memberikan asistensi dengan metode dan bahasa yang mudah dipahami peserta.

Tujuannya adalah agar materi asistensi, baik teori maupun praktik, dapat diterima dengan baik sehingga kegiatan ini dapat mencapai hasil optimal.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait