Kota Solok Kembali Raih Penghargaan Adipura 2023, Wako: ‘Ini adalah yang Ke-11’

Kota Solok Kembali Raih Penghargaan Adipura 2023, Wako 'Ini adalah yang Ke-11'

TOPSUMBAR – Kota Solok kembali meraih penghargaan Adipura kategori kota kecil tahun 2023 di Jakarta pada Selasa, 5 Maret 2024.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Wamen LHK, Alue Dohong, Ketua serta Anggota Dewan Pertimbangan Adipura.

Bacaan Lainnya

Para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se Indonesia juga turut menghadiri acara tersebut.

Menurut Menteri LHK, Siti Nurbaya, Adipura merupakan rangkaian dari agenda Nasional yang penting dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kita berharap program adipura ini dapat mencapai target SDGs di Tahun 2030 nanti menjadi Katalisator,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pemerintah dan Kota harus bekerjasama dalam menciptakan pola dan sistem pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

Ia menambahkan, penilaian Adipura tersebut berbasis sistem data. Sehingga mengharuskan daerah untuk menginput datanya melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasioanal (SIPSN).

Berdasarkan hasil tersebut, terdapat sejumlah daerah kota/kabupaten yang berhasil meraih penghargaan Adipura ini.

Salah satu kota yang berhasil yakni, Kota Solok Sumatera Barat yang telah berhasil meraih penghargaan Adipura sebanyak 11 kali.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama masyarakat Kota Solok yang telah meningkatkan kesadarannya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan juga menjadi faktor penting diraihnya penghargaan ini.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama pasukan kuning (tim kebersihan DLH Kota Solok) yang telah bekerja keras menjaga kebersihan Kota Solok.

“Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan lingkungan dan menjadikan Kota Solok sebagai kota yang bersih, hijau, dan lestari,” ujar Zul Elfian Umar.

Adipura merupakan salah satu penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Raihan Adipura 2023 ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota Solok dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup.

“Semoga penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kota Solok,” pungkasnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait