Bupati Lima Puluh Kota Kukuhkan Pengurus FK-KPAN Periode 2024-2029 untuk Tingkatkan Perlindungan Anak

Bupati Lima Puluh Kota Kukuhkan Pengurus FK-KPAN Periode 2024-2029 untuk Tingkatkan Perlindungan Anak

TOPSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan perlindungan terhadap anak-anak di Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo secara resmi mengukuhkan Pengurus Forum Koordinasi Kelompok Perlindungan Anak Nagari (FK-KPAN) untuk periode 2024-2029.

Acara pengukuhan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota pada Senin, 6 Mei 2024.

Selain pengukuhan FK-KPAN, juga dilakukan rapat tim gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai upaya dalam memastikan perlindungan terhadap anak-anak di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Program Manager Cocoa Yob Charles, Koordinator Save The Children Wilayah Sumatera Barat Rikson Simanjuntak.

Kemudian Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Wilda Reflita.

Serta Kepala Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Gugus Kabupaten Layak Anak.

Dalam sambutannya, Safaruddin menyatakan pentingnya pembentukan kelompok perlindungan anak terpadu dan berbasis masyarakat untuk menjamin perlindungan anak-anak secara efektif.

Ia juga menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan FK-KPAN dalam upaya ini.

“Saya berharap FK-KPAN periode 2024-2029 yang dipimpin oleh H. Usman dapat berperan aktif dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya perlindungan anak. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada Program Manager Cocoa dan yayasan Save The Children Wilayah Sumatera Barat atas kerjasamanya dalam membentuk KPAN di tingkat Nagari maupun Kabupaten,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas DPPKBPPPA Wilda Reflita menyampaikan keprihatinannya atas kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak yang semakin meningkat.

“Alhamdulillah sudah ada 35 Kelompok Perlindungan Anak Nagari yang telah kita bentuk. Semoga Lima Puluh Kota dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak tingkat Madya pada penilaian KLA tahun ini,”

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait