Bukittinggi: Barometer Pendidikan Unggulan di Sumbar

Bukittinggi Barometer Pendidikan Unggulan di Sumbar

TOPSUMBAR – Kota Bukittinggi sekali lagi mengukir prestasi gemilang sebagai barometer pendidikan unggulan di Sumatera Barat (Sumbar).

Data terbaru dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi mengungkapkan bahwa hasil asesmen tingkat nasional menempatkan kota ini di puncak prestasi pendidikan di wilayah tersebut.

Dengan nilai Indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) mencapai 81,38, Bukittinggi memimpin peringkat tertinggi dalam kategori Tuntas Madya di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Herriman, menjelaskan bahwa hasil asesmen ini menyoroti prestasi Kota Bukittinggi dalam aspek literasi dan numerasi.

“Skor literasi mencapai 91,60, sementara numerasi SD mencapai 81,20, menempatkan Kota Bukittinggi sebagai yang terbaik di Sumbar. Sedangkan di tingkat SMP, literasi dan numerasi mencapai peringkat 2 dan 3 di Sumbar,” ujarnya pada Kamis, 2 Mei 2024.

Selain itu, prestasi Kota Bukittinggi juga tercermin dalam iklim kebinekaan, dengan peringkat 1 dan 2 untuk SD dan SMP di Sumbar, masing-masing mencapai 75,81 dan 75,05.

Erman Safar, menegaskan komitmen pemerintah kota untuk terus meningkatkan program-program pendidikan guna mewujudkan visi “Kota Bukittinggi Hebat” di sektor pendidikan.

Upaya ini termasuk memastikan setiap pelajar mendapatkan hak pendidikan secara merata serta mengintegrasikan nilai-nilai agama, adat, dan budaya Minangkabau ke dalam kurikulum formal.

“Dengan hasil yang memuaskan ini, kita yakin bahwa kebijakan yang telah dilaksanakan akan terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bukittinggi,” tutupnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait