Masyarakat Diimbau untuk Jaga Kebersihan, Petugas Kebersihan Hadapi Tantangan Sampah di Taman Pramuka Solok

Masyarakat Diimbau untuk Jaga Kebersihan, Petugas Kebersihan Hadapi Tantangan Sampah di Taman Pramuka Solok

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Solok terus berupaya menjaga kebersihan kota dengan mengatasi persoalan sampah yang sering berserakan di luar bak kontainer, khususnya di Taman Pramuka, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan.

Meskipun petugas kebersihan telah melakukan pengangkatan sampah setiap hari, tantangan ini masih menjadi perhatian utama.

Mitra Yoriskia, pengawas mobil angkutan sampah, menjelaskan bahwa meskipun bak kontainer telah tersedia, sampah masih sering ditemukan berserakan di luar bak.

Bacaan Lainnya

Hal ini bisa disebabkan oleh oknum yang sengaja membuang sampah di luar kontainer atau gangguan dari hewan.

“Dampak dari keberadaan sampah di luar kontainer membuat petugas kebersihan harus bekerja lebih ekstra. Tidak hanya mengangkat sampah di dalam bak kontainer tetapi juga membersihkan sampah yang berserakan di luar. Hal ini tentu memakan waktu lebih lama dan mengganggu efisiensi pengangkutan sampah,” ujarnya pada Rabu, 3 April 2024.

Tindakan disiplin masyarakat dalam membuang sampah ke dalam kontainer yang telah disediakan akan sangat membantu petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edrizal, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan disiplin dalam membuang sampah pada kontainer yang telah disediakan.

“Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi penumpukan sampah di luar kontainer, sehingga memudahkan petugas dalam melakukan pengangkutan sampah,” pungkasnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait