Bawaslu Pessel Adakan Rakor Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Tahapan Pemilu Tahun 2024

Bawaslu Pessel Adakan Rakor Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Tahapan Pemilu Tahun 2024

TOPSUMBAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Selatan (Pessel) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Perselisihan Hasil Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Triza Painan pada Selasa, 2 April 2024 dibuka oleh Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Pessel oleh Bambang Putra Niko.

Rakor ini dihadiri oleh Forkopimda, kepala OPD terkait, Panwascam, Ketua Panwascam, serta Wartawan.

Bacaan Lainnya

Bambang Putra Niko menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Pemilu 2024 ini.

“Berawal dari persiapan, pencoblosan sampai merekap mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan, Provinsi hingga nasional berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Di Kabupaten Pesisir Selatan ada gugatan di MK (Mahkamah Konstitusi) dari Paslon 03 di Kecamatan Bayang terkait perselisihan suara,” ujarnya.

“Dari perselisihan tersebut Bawaslu Pesisir selatan secara berjenjang sudah melakukan proses tersebut hingga bahan sampai di Mahkamah Konstitusi (MK),” tambahnya.

Setelah penetapan hasil di tingkat nasional, Bawaslu perlu menyiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan sesuai Perbawaslu No. 10 Tahun 2023.

“Kita berharap semoga dengan rakor ini dapat menjadi titik balik dalam menyelesaikan perselisihan hasil pemilihan umum di Kabupaten Peaisir Selatan,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai hukum acara PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) oleh narasumber Heru Permana Putra S.IP, MIP yang juga merupakan dosen Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

“Seharusnya telah 5 kali Pemilu harus ada perubahan, dan berharap penyelengara pemilu harus orang-orang yang terpilih, dan pemerintah harus lebih profesional, ” ujarnya.

Lanjutnya, “Alhamdulillah untuk sengketa pemilu dari data yang ada Sumbar sangat kecil sengketa pemilu. Hal itu dilihat dari data sengketa MK,” pungkasnya.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait