Bawaslu Limapuluh Kota Gelar Fasilitasi Sentra Gakkumdu Tahapan Penetapan Hasil Pemilu 2024

Bawaslu Limapuluh Kota Gelar Fasilitasi Sentra Gakkumdu Tahapan Penetapan Hasil Pemilu 2024

TOPSUMBAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Fasilitasi Sentra Gakkumdu Tahapan Penetapan Hasil Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mangkuto Syariah, Payakumbuh pada Selasa, 2 April 2024.

Bertujuan sebagai upaya memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung secara demokratis dan aman.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini melibatkan koordinasi antara Bawaslu, KPU Limapuluh Kota sebagai narasumber serta dihadiri oleh pimpinan partai politik, anggota Gakkumdu dan panwascam se Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua Bawaslu Limapuluh Kota yang saat itu diwakili Kordinator Divisi Penanganan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Ismet Aljannata didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Limapuluh Kota, Mellia Rahmi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai evaluasi kegiatan bersama selama tahapan pemilu yang telah terlaksana pada 14 Februari 2024 kemarin.

“Kita bersyukur pemilu telah terselenggara dengan baik di daerah kita, sehingga pada akhir rekap kemaren diterima oleh partai politik peserta pemilu,”ujarnya.

Ismet menyebutkan selama tahapan pemilu di Limapuluh Kota terdapat sejumlah pelanggaran yang terjadi.

“Pelanggaran paling banyak kita ditemukan adalah pada masa kampanye, dimana pelanggaran tersebut berasal dari laporan yang masuk dan temuan langsung dari Bawaslu,” sambungnya.

Ia menuturkan, saat ini seluruh pelanggan tersebut telah diproses dan ditindaklanjuti oleh anggota Gakkumdu dan Bawaslu Limapuluh Kota.

Sebelumnya, Kasubag Ferdhy Aswindo Bawaslu Limapuluh Kota, dalam laporannya menyebutkan rapat fasilitasi ini merupakan kegiatan evaluasi kegiatan tahapan pemilu 2024 yang telah dilaksanakan bersama dengan Gakkumdu dan Panwascam di Limapuluh Kota.

Ia menyebutkan dalam kegiatan ini menghadirkan Komisioner KPU Limapuluh Kota Divisi Hukum dan Pengawasan, Syafrizal sebagai narasumber dalam acara tersebut.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait