Berkarya dengan Hati, Makna HAB 78 Kemenag di Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam menggelar apel Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 di Halaman Kantor Bupati Agam pada Rabu 3 Januari 2024.

Apel yang dihadiri oleh seluruh jajaran Kemenag Kabupaten Agam ini juga dihadiri oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, yang bertindak sebagai inspektur apel.

Pada kesempatan tersebut, bupati membacakan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Bacaan Lainnya

Tiap tahun, insan Kemenag merasakan makna baru dan semangat ganda dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kemenag RI.

Semangat ini diharapkan dapat diwujudkan melalui amal bakti yang lebih mendalam dan paripurna.

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, mari tingkatkan semangat pengabdian dan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita Kementerian Agama,” ungkap bupati.

Sebagai lembaga yang memiliki tanggung jawab dalam pemerintahan bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama memang tidaklah mudah.

Salah satu tugas berat adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai pilar kerukunan nasional.

Ia menambahkan bahwa, tugas ini kami laksanakan dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.

Bupati juga menekankan bahwa insan Kemenag memiliki tanggung jawab untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

Pendidikan agama moderat dianggap sebagai fondasi kuat dalam mencapai kerukunan umat beragama.

Beliau menyampaikan bahwa, dalam HAB ke-78 ini, kita harus meningkatkan semangat pelayanan kepada seluruh umat beragama. Tema ‘Indonesia Hebat Bersama Umat’ adalah arah yang kita usung.

Bupati mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk melihat pelayanan umat sebagai panggilan hati, bukan hanya kewajiban birokrasi semata.

Dengan menerapkan prinsip ini, diharapkan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan memberikan dampak positif.

Menjelang Pemilihan Umum tahun 2024, bupati mengingatkan agar semua pihak, termasuk ASN Kementerian Agama, menjaga netralitas sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Mereka juga diminta untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, menjadikan pemilihan umum sebagai agenda yang riang dan penuh sukacita.

“Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus menjadi oase dan pelayanan terbaik bagi umat,” tutupnya.

(FKS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait