Bupati Andri Warman Kukuhkan 92 Bunda Literasi Nagari se-Kabupaten Agam, Penggerak Budaya Membaca

Bupati Andri Warman Kukuhkan 92 Bunda Literasi Nagari se-Kabupaten Agam, Penggerak Budaya Membaca

TOPSUMBAR – Bupati Andri Warman, MM telah mengukuhkan sebanyak 92 bunda literasi nagari se-Kabupaten Agam pada Rabu, 13 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Bupati menekankan bahwa Bunda literasi merupakan bagian dari pemerintah untuk membangun SDM yang berkualitas.

Harapannya, para bunda literasi yang terpilih dapat menjadi penggerak dalam budaya membaca di tingkat nagari, khususnya Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati, peningkatan kualitas SDM tidak terlepas dari kegemarannya dalam membaca. Oleh sebab itu, Pemerintah bekerjasama dengan bunda literasi guna dapat membantu dalam meningkatkan kualitas SDM.

“Membaca sama dengan membuka jendela dunia, oleh karena itu, membaca dapat meningkat kemampuan literasi yang dimiliki seseorang,” ujarnya.

“Kami sangat berharap adanya perpustakaan di setiap rumah bunda literasi, ini dikarenakan bunda literasi adalah contoh nyata aksi gemar membaca,” tambahnya.

Bupati mendorong adanya peran perpustakaan nagari dan rumah baca untuk pemberdayaan masyarakat.

“Hingga saat telah ada 12 nagari yang memiliki program perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kita berharap bunda literasi nagari dapat bekerjasama dengan penggiat literasi dan stakeholder terkait,” tambahnya.

Roza Linda, SH., M.Si., Kadis Arsip dan Perpustakaan menyatakan bahwa pengukuhan bunda literasi bertujuan dalam mewujudkan figur literasi sebagai garda paling depan dalam budaya literasi.

Sehingga dapat memperkuat serta mempercepat tercapainya masyarakat gemar membaca dan meningkatkan kunjungan perpustakaan.

“Semoga bunda literasi dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam memaknai pentingnya membaca. Bunda literasi adalah agen perubahan dalam menumbuhkan budaya literasi yang merata di Kabupaten Agam,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait